Ditemukan 60 Jejak Kaki Manusia Kuno, Diklaim Tertua di Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 27 September 2021 17:01
Ditemukan 60 Jejak Kaki Manusia Kuno, Diklaim Tertua di Dunia
Usia fosil jejak kaki ini diperkirakan mencapai 23 ribu tahun.

Dream - Sebuah penemuan baru menunjukkan bukti definitif manusia sudah ada di Amerika Utara jauh lebih awal dari yang diperkirakan para arkeolog. Bahkan diklaim jauh lebih tua dari fosil yang ditemukan sebelum yang diperkirakan sudah berusia 7.000 tahun.

Jejak kaki fosil yang ditemukan di tepi dasar danau kuno di Taman Nasional White Sands New Mexico berasal dari 23 ribu tahun yang lalu. Ini menjadikannya yang tertua yang pernah ditemukan di Amerika Utara.

Waktu itu berarti manusia menduduki bagian selatan benua selama puncak zaman es terakhir. Temuan ini membalikkan pemahaman sebelumnya tentang kapan dan bagaimana mereka bergerak ke selatan.

Gagasan sebelumnya menyebutkan orang pertama yang menduduki Amerika Utara melintasi jembatan darat yang ada antara Siberia modern dan Alaska selama zaman es terakhir, antara 26.500 dan 19 ribu tahun yang lalu.

Menurut teori itu, mereka harus menetap di dekat Kutub Utara karena lapisan es yang menutupi Kanada membuat mereka tidak mungkin pergi ke selatan.

1 dari 3 halaman

Setelah Gletser Mencair

Setelah gletser ini mencair antara 16 ribu dan 13.500 tahun yang lalu, migrasi menuju Amerika Selatan dimulai.

" Temuan baru ini pasti menempatkan manusia di Amerika Utara pada saat tirai lapisan es tertutup rapat," ujar ahli paleoekologi di Bournemouth University di Inggris, Sally Reynolds.

Jadi kemungkinan besar, kata Reynolds, manusia bermigrasi ke selatan dalam beberapa gelombang dan salah satunya sebelum zaman es terakhir. Orang-orang awal itu bahkan mungkin telah berlayar menyusuri pantai Pasifik.

" Kemudian lebih banyak lagi yang turun setelah es surut," kata Reynolds.

Temuan ini diterbitkan Kamis di jurnal Science, dan penelitian ini juga menjelaskan jejak terdekat yang ditemukan dari mamut, serigala mengerikan, dan kungkang tanah raksasa yang merupakan mangsa manusia purba.

 

© Dream
2 dari 3 halaman

60 Jejak Kaki

Tim Reynolds menemukan 60 jejak kaki manusia berusia antara 21 ribu dan 23 ribu tahun. Para peneliti memperkirakan usia jejak tersebut dengan memprediksi usia benih mikroskopis dari tanaman air yang ditemukan di lapisan sedimen danau yang mengapit jejak tersebut.

" Ini bukti tegas, lapisan-lapisan itu menjadi benih, jejak kaki, benih," kata Reynolds.

Jejak kaki itu sekarang menjadi yang tertua di Amerika, mengambil alih jejak kaki berusia 15.600 tahun yang ditemukan di Chili satu dekade lalu. Sebagian besar jejak milik remaja dan anak-anak, tim menemukan, mungkin menunjukkan anak-anak bermain di daerah itu sementara orang dewasa berburu dan berkumpul.

Reynolds mengatakan sebelum penemuan ini, perkiraan paling awal tentang kapan manusia mulai menduduki Amerika Utara adalah 16 ribu tahun yang lalu.

 

3 dari 3 halaman

Diperkirakan Sudah Ada Manusia di Amerika Utara Sejak 32 Ribu Tahun Lalu

Satu-satunya petunjuk orang mungkin telah tiba lebih awal adalah seperangkat peralatan batu dan artefak yang ditemukan di gua terpencil Meksiko. Para arkeolog memperkirakan sedimen yang menutupi artefak itu berusia 32 ribu tahun.

Tetapi itu bukan ukuran yang dapat dipercaya, kata Reynolds. Artefak dapat bermigrasi ke atas dan ke bawah melalui lapisan sedimen dari waktu ke waktu.

" Jejak kaki, sebaliknya, tetap pada lanskap," kata Reynolds, dikutip dari Science Alert.

© Dream
Beri Komentar