Apes! Sudah Terjerat Rententir, Aksi Bakar Mobil Biar Asuransi Cair Terbongkar

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 27 September 2021 07:01
Apes! Sudah Terjerat Rententir, Aksi Bakar Mobil Biar Asuransi Cair Terbongkar
Ternyata, keduanya punya utang miliaran ke rentenir.

Dream – Seoran yang sedang terhimpit tagihan utang akan melakukan apapun untuk bisa melunasinya. Namun sayangnya ada segelintir orang yang berupaya mengurangi beban itu dengan cara-cara tak terpuji.

Salah satu contohnya dilakukan dua pria di Melaka, Malaysia, yang ditangkap karena membakar total tiga mobil dengan sengaja. Tindakan ini dilakukan untuk mengelabui pihak asuransi dengan harapan mendapatkan klaim pertanggungan.

Aksi nekat kedua pria itu dipicu oleh utang yang mereka buat dengan seorang rentenir. Jumlahnya tidak main-main, mencapai 500 ribu ringgit, setara Rp 1,4 miliar.

Dikutip dari Harian Metro, mobil yang mereka bakar juga bukan sembarangan. Tiga mobil tersebut yaitu Bentley Continental GT (A), Ford Fiesta dan Hyundai Accent.

Peristiwa itu terjadi pada Senin, 13 September di Taman Merdeka Batu Berendam.

1 dari 2 halaman

Pelaku Awalnya Buat Tiga Laporan

Kepala Kepolisian Melaka, Abdul Majid Mohd Ali, mengatakan anggotanya melakukan penyelidikan lebih lanjut setelah dua orang membuat laporan tentang kebakaran mobil. Keduanya masing-masing berprofesi sebagai kontraktor dan salesman.

Namun rupanya kedua orang itu lupa untuk membuat skenario yang sempurna. Polisi mencurigai keduanya setelah memberikan keterangan yang berbeda.

Berbekal kecurigaan dan hasil penyelidikan, polisi akhirnya menangkap dua orang pelapor itu dan dijadikan tersangka.

" Tersangka pertama yang juga pemilik mobil Bentley ditangkap pada hari kejadian sementara satu lagi ditangkap keesokan harinya di kawasan Kota Melaka. Keduanya berusia 36 tahun," kata Abdul.

 

2 dari 2 halaman

Gara-gara Utang

Polisi mengungkapkan, kedua tersangka merencanakan aksi selama tiga bulan. Mereka diyakini membakar mobil untuk membuat klaim asuransi sebesar 250 ribu ringgit, setara Rp853 juta untuk membayar utang.

Hasil penyidikan menemukan kedua pelaku memiliki catatan kriminal berupa pembakaran, perampokan, pencurian, dan narkoba.

Sementara, ini merupakan kasus pertama yang melibatkan modus operandi individu membakar kendaraannya sendiri untuk mengklaim asuransi.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar