Sejarah Baru Tentara Perempuan Arab Saudi Ikut Parade Nasional

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 25 September 2021 13:01
Sejarah Baru Tentara Perempuan Arab Saudi Ikut Parade Nasional
Kini, perempuan pun bisa menduduki posisi militer.

Dream - Arab Saudi yang mulai membuka era modernisasi kembali membuat sejarah baru. Untuk pertama kalinya, para perempuan tentara negara tersebut bisa turut serta dalam parade peringatan Hari Nasional Saudi Arabia ke-91 yang jatuh pada 23 September 2021.

Parade tersebut digelar selama satu jam di ibu kota Riyadh dan Jeddah serta diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri yang bekerja sama dengan General Entertainment Authority (GEA).

Dilansir dari English.alarabiya.net, kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan penduduk Saudi sambil mengibarkan bendera nasional serta menyemangati tentara yang berbaris.

1 dari 2 halaman

Peringatan Hari Nasional Arab Saudi

Peringatan Hari Nasional Arab Saudi© English.alarabiya.net

(Foto: English.alarabiya.net)

Parade Hari Nasional Arab Saudi akan diselenggarakan dari tanggal 23-25 September untuk memperingati keputusan Raja Abdul Aziz Ibn Saud yang mengganti nama Kerajaan Najd dan Hijad menjadi Kerajaan Arab Saudi pada 1932 silam.

Meski dihadiri oleh banyak penduduk, namun mereka diimbau untuk menaati protokol kesehatan agar tetap aman dari virus Covid-19.

Sejak dimulainya parade tersebut, Kementerian Pertahanan Arab Saudi pun mengumumkan bahwa perempuan dapat melamar posisi militer.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk memperkenalkan reformasi yang memajukan perempuan Arab Saudi di berbagai bidang.

2 dari 2 halaman

Syarat Perempuan Saudi jadi Tentara

Peringatan Hari Nasional Arab Saudi© English.alarabiya.net

(Source: English.alarabiya.net)

Nantinya, perempuan akan diizinkan untuk bergabung denagn Angkatan Darat, Pertahanan Udara, Angkatan Laut, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, serta Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Sejumlah perempuan Arab Saudi juga telah direkrut sebagai tentara, kopral tombak, kopral, sersan, dan sersan staf.

Adapun syarat perekrutannya meliputi perempuan yang berusia 21-40, tinggi badan di atas 155 sentimeter, lulus prosedur penerimaan, tidak memiliki catatan kriminal, sehat secara medis, memiliki kartu identitas nasional, pendidikan terakhir setidaknya sekolah menengah atas, tidak dapat menikah selain dengan warga Arab Saudi, serta tidak boleh menjadi pegawai pemerintah.

Beri Komentar