Kisah Mengharukan Dokter Lulusan Inggris Jadi Anggota TNI AD

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 24 September 2021 16:00
Kisah Mengharukan Dokter Lulusan Inggris Jadi Anggota TNI AD
Meski lulus dari perguruaan tinggi di Inggris, prajurit TNI AD satu ini memilih kembali ke Tanah Air untuk mengabdi pada negeri.

Dream - Ada berbagai macam kisah unik dan tak biasa dari para prajurit TNI, salah satunya cerita Letda Ckm Jason Antoni Wibowo. Pria kelahiran 13 November 1993 ini memiliki perjalanan hidup tak biasa. Meski berprofesi sebagai dokter, Jason memilih jalan untuk menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat.

Menurut kanal YouTube TNI AD, Jason merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dengan program double degree. Selepas lulus S-1, Jason langsung mengambil S-2 begerlar Master of Research Newscastle, Inggris, dengan konsentari stem cell.

" Saya menjalani program S2 dari program S1 FK UI Internasional. Jadi di situ saya double degree, selain saya dapat gelar dokter umum dari S1 Internasional FK UI," kata Letda Ckm dr. Jason, perwira remaja Pusdikkes.

" Saya juga menamatkan S2 dari Master of Research di Newcastle University Inggris, United Kingdom. Di sana saya mengambil major (jurusan) yaitu stem cell," tambah dia.

1 dari 3 halaman

Alasan Daftar TNI AD

Kisahnya kepincut dengan TNI AD bermula saat dirinya menggelar bakti sosial di Wini, Nusa Tenggara Timur, bersama Yonif 715/Motuliato yang mengamankan daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Letda Ckm dr Jason© YouTube TNI AD

" Kenapa saya masuk TNI itu adalah waktu saya mengikuti baksos dengan TNI AD. Di sana kami melakukan operasi katarak gratis untuk masyarakat sekitar di Wini, Nusa Tenggara," ujar dr Jason.

" Dari situ saya melihat bahwa TNI AD itu memiliki fokus kesehatan yang besar. Mereka dapat menaungi dokter-dokter dan nakes-nakes yang lain untuk bisa berkembang," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Perluas Pengabdian Dokter

Menurut dia, dengan menjadi bagian dari TNI bisa membuatnya memperluas pengabdiannya kepada masyarakat. Selain itu, daerah-daerah yang terpencil dan tak terjangkau bisa diraihnya.

Letda Ckm dr Jason© YouTube TNI AD

" Saya yang saat itu masih dokter sipil mengapa tidak saya juga bergabung ke TNI AD," ungkapnya.

" Karena dengan saya bergabung ke TNI, saya bisa semakin memperluas pengabdian saya sebagai profesi dokter. Dan juga dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Intip Videonya

Beri Komentar