Lempar Botol di Laga Sepak Bola, Gubernur Kalteng Ribut dengan Kapolres

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 3 November 2019 11:45
Lempar Botol di Laga Sepak Bola, Gubernur Kalteng Ribut dengan Kapolres
Suasana jadi semakin panas

Dream – Sebuah insiden terjadi di pinggir lapangan saat laga sepak bola Kalteng Putra FC vs Persib Bandung berlangsung, Jumat 2 November 2019 lalu. Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, memarahi Kapolres Palangkaraya, AKBP Timbul RK Siregar.

Insiden ini diduga terjadi karena teguran Timbul kepada Subianto yang melempar botol ke lapangan.

" Iya, kejadian itu benar. Maksud saya menegur, supaya tidak lempar-lempar botol," kata Timbul, dikonfirmasi Merdeka.com, dikutip Dream, Minggu 3 November 2019.

Dia menerangkan saat itu, riuh penonton saat babak pertama. Timbul mengaku kaget mengapa tiba-tiba ada lemparan botol. Ternyata, lemparan berasal dari tribun utama.

“ Jadi, kami kaget. Lho, kok, gubernur lempar botol? Lemparan kedua saya ingatkan, ‘Pak, jangan melempar, karena suporter, penonton sudah mulai ikut melempar,” kata Timbul.

 

 Gubernur Kalteng ribut dengan Kapolres karena botol.

1 dari 4 halaman

Reaksi Gubernur

Mendapatkan teguran itu, Sugianto malah marah kepadanya. Dia tersinggung dengan ucapan Timbul.

" Bilangnya iya saya marah sama wasit. Saya bilang iya kalau marah, pakai aturan. Bapak turun saja," katanya mengulang perbincangan hari itu,” kata dia.

 Sugianto Sabran

Timbul menjelaskan, setelah Gubernur Sugianto menemuinya, Sugianto kembali melontarkan pernyataannya. " Beliau samperin saya, kemudian bilang, saya Gubernur, jangan ancam-ancam saya. Saya bilang, saya nggak ngancam Pak. Lihat, karena tindakan Bapak, penonton ikut melemparin," tegas Siregar.

 

2 dari 4 halaman

Kondisi Tak Kondusif

" Saya bilang, kalau Bapak marah sama wasit, pakai aturan. Kan ada aturannya. Beliau mungkin semakin emosi, sudah, akhirnya saya dibawa salah satu staf beliau, sudah Pak, jangan ribut di sini," terangnya.

" Kata stafnya, biarkan saja nanti kita tenangkan Gubernur katanya. Saya kemudian beralih tenangkan penonton, supaya tidak lanjut pelemparannya. Saat itu riuh, melempari teh kotak, botol, ke dalam lapangan. Setelah itu, beliau langsung samperin official. Kemudian beliau dibawa naik ke tribun. Karena mau masuk ke babak kedua," kata Siregar lagi.

3 dari 4 halaman

Berdamai

Namun demikian, lanjut Siregar, ketegangan Gubernur dengan dia tidak berlanjut. " Pas bubar beliau turun lagi. Beliau sampaikan maaf karena emosi, dan jabat tangan ke anggota kita juga," kata dia.

 Sugianto Sabran

Dalam laga yang disaksikan hampir 5.000 orang penonton itu, tuan rumah Kalteng Putra FC, ditaklukkan tamunya Persib Bandung dengan skor 0-2. " Personel untuk mengamankan laga diturunkan lebih 300 personel. Dengan situasi itu kita, tambah bantuan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari Brimob dan Sabhara Polda Kalteng," ujar Timbul. (mut)

4 dari 4 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Lagi viral #gubernurlemparbotol #gubernurkalteng #shopeeliga1

A post shared by @ cocofunvideo on

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone