Harga Melambung Tinggi, Pria Ini Ajak Tanam Sayur Sendiri

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 Desember 2021 07:00
Harga Melambung Tinggi, Pria Ini Ajak Tanam Sayur Sendiri
DIperkirakan harga sayuran akan bertahan tinggi hingga Imlek.

Dream - Harga bahan pangan di Malaysia merangkak naik dalam beberapa hari belakangan. Kondisi yang sama juga terjadi pada harga sayuran.

Kondisi ini menggerakkan Asosiasi Konsumen Penang mengajak masyarakat untuk menanam sendiri sayuran. Cara ini diyakini dapat mengurangi beban pengeluaran untuk bahan pangan di tengah lonjakan harta yang terjadi.

Kepala Bidang Pendidikan CAP, NV Subbarow, mengatakan langkah tersebut sangat tepat jika melihat tingginya harga sayuran yang diprediksi bakal bertahan cukup lama. Apalagi, kata dia, asosiasi pedagang sayuran sendiri sudah menyatakan harga sayur akan bertahan di level tertinggi hingga datangnya Imlek.

" Siapa saja yang ingin menanam, perlu diperhatikan, kita tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menanam sayur-sayuran," ujar Subbarow, dikutip dari World of Buzz.

 

1 dari 1 halaman

Dia mengatakan ada banyak jenis sayuran bisa ditanam di lahan sempit. Cukup mengandalkan pekarangan rumah.

" Tanaman berbuah seperti terong, cabe, dan sayuran berdaun seperti sawi, kangkung, kailan, bayam, bisa ditanam dengan mudah meski di atap rumah," kata dia.

Apalagi, kata dia, media tanam bisa menggunakan apapun seperti karton susu, jus, bahkan botol minuman. Juga barang bekas dengan lubang kecil untuk akar sayuran.

" Untuk tanaman dengan akar lebih besar seperti terong, kaleng biskuit, botol minyak dan air kemasam lima liter bisa dipakai untuk media tanam," kata dia.

" Kebun rumah sangat tepat dan dapat memberikan keuntungan bagi seluruh keluarga berupa sayuran segar dan bebas bahan kimia," kata dia, dikutip dari World of Buzz.

Beri Komentar