Tunggu Hasil DNA, Belum Ada Korban Lion Air JT610 Teridentifikasi

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 31 Oktober 2018 06:38
Tunggu Hasil DNA, Belum Ada Korban Lion Air JT610 Teridentifikasi
Tim forensik Polri memperkirakan proses identifikasi lewat tes DNA baru bisa diketahui 4-8 hari.

Dream - Tim DVI (Disaster Victim Identification) Mabes Polri hingga hari kedua kecelakaan Lion Air JT610 belum dapat mengidentifikasi korban pesawat yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat itu. 

Kapusdokkes Polri, Brigjen Arthur Patim, mengatakan proses dari 87 potongan tubuh yang diterima dalam 24 kantong jenazah, belum ada satupun yang teridentifikasi hingga Selasa (30 Oktober 2018) sore.

" Hari ini belum bisa identifikasi satu pun korban dari 24 kantong jenazah yang kita terima sampai siang tadi," kata Arthur, di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Selasa 30 Oktober 2018.

Dalam proses pengenalan jenazah, Arthur menyebut Tim Forensik Polri telah mendapatkan 185 data ante-mortem. Dari jumlah itu, sebanyak 147 sudah diambil sampel DNA.

Arthur menjelaskan belum adanya jenazah yang teridentifikasi lantaran masih menunggu hasil tes DNA. Uji DNA dibutuhkan untuk memastikan kecocokan fisik antara korban dengan keluarga.

" Paling cepat empat hingga delapan hari," ujar dia.

Hingga berita ini dibuat, dilaporkan sebanyak 35 kantong jenazah telah diterima RS Polri.

Sementara itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap proses identifikasi DNA dan sidik jari berjalan baik. Budi menilai pekerjaan ini penting untuk proses identifikasi dan penyerahan jenazah korban ke keluarga.

" Bersama dengan itu juga tes DNA dan sidik jari penting banget untuk berikan suatu dasar bukti bagi jasa raharja berikan asuransi," ujar Budi.

Managing Director Lion Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, berjanji memberikan informasi terkini kepada keluarga korban

" Kami akan sampaikan info-info ter-update sehingga tidak ada info simpang siur," ujar Daniel.

Daniel mengatakan saat ini terdapat 209 keluarga korban yang mencari informasi di RS Polri. Pihaknya telah menyiapkan fasilitas penginapan, akomodasi dan transportasi bagi keluarga korban hingga proses identifikasi selesai.

" Kami imbau keluarga korban yang masih belum teridentifikasi tidak berlama-lama di sini. Jadi kami persilakan tunggu di hotel. Kami siapkan family assistant sebanyak 180 orang," kata Daniel.(sah)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya