Banjir 1 Meter Terjang Bogor Usai Hujan 4 Jam, 100 Rumah Terendam

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 8 Februari 2020 10:20
Banjir 1 Meter Terjang Bogor Usai Hujan 4 Jam, 100 Rumah Terendam
Ada 79 kepala keluarga yang terdampak.

Dream - Hujan selama empat jam yang melanda Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 7 Februari 2020 mengakibatkan banjir cukup parah di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara.

Ratusan rumah warga terendam banjir akibat meluapnya Kali Ciheuleut.

" Tinggi muka air mencapai 1 meter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priatna Samsyah.

Data yang dihimpun BPBD Kota Bogor mencatat, banjir mengakibatkan kurang lebih 100 rumah dan beberapa kontrakan, serta lantai dasar rumah susun sewa teredam.

" Yang terdampak banjir kurang lebih 79 kepala keluarga," ujar Priatna.

1 dari 4 halaman

Belum Mengungsi

Meski terendam banjir, sebagian besar warga milih bertahan di lantai 2 rumah mereka dan menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat aman.

" Tidak ada yang mengungsi. Mereka tetap bertahan di rumah masing-masing," ucap dia.

Selain di Cibuluh, banjir juga melanda kawasan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara. Genangan air juga terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Bogor Barat, yakni ruas Jalan Semplak dari Pusdik Intel hingga Pool Bus Pariwisata Kerub, di sekitar bundaran Komplek Yasmin, dan Gang Mesjid samping Posyandu, Cilendek Barat.

" Untuk tinggi banjir mulai dari 30 cm hingga 90 cm. Namun untuk banjir di wilayah itu, ada yang sudah mulai surut," kata dia.

(sah, Sumber: Liputan6.com/ Ahmad Sudarno)

2 dari 4 halaman

Hujan Sejak Subuh, Titik Banjir dan Pohon Tumbang di Jabodetabek

Dream - Hujan deras melanda kawasan Jabodetabek sejak Subuh tadi. Hujan dengan intensitas tinggi itu mengakibatkan beberapa wilayah Jabodetabek terendam banjir.

Dikutip dari akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, wilayah yang tergenang banjir cukup parah berada di Perumahan Regency 2, Kuta Jaya, Pasar Kemis, Tangerang.

" 04:58 #Banjir 50-60 cm di Perumahan Regency 2, Kuta Jaya, Pasar Kemis Tangerang. @fikoadriantono," tulis @TMCPoldaMetro.

Selain itu, terlihat juga ada genangan air yang berada di Jalan Daan Mogot, tepatnya di depan Samsat Jakarta Barat. Tinggi air sekitar 10 hingga 15 sentimeter.

Meski demikian, para pengendara masih bisa melalui jalan tersebut. Polisi mengimbau agar tetap berhati-hati ketika melintasi genangan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan masih akan tinggi di bulan Februari 2020 ini.

3 dari 4 halaman

Pohon Tumbang

Selain banjir, dampak hujan deras pagi ini juga terjadi pohon tumbang di kawasan Bel Pol TI Imperium Pluit, Jakarta Utara. Pohon tumbang itu ke arah jalan, sehingga pengendara harus mengurangi kecepatan dan berhati-hati.

 

4 dari 4 halaman

Termasuk Klenteng Petak Sembilan, Ini Titik Banjir di Jakarta

Dream - Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Salah satu wilayah yang tergenang adalah kawasan VIhara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat.

Menurut Liputan6.com, Jumat 24 Januari 2020, hujan di kawasan ikonik yang juga dikenal dengan Klenteng Petak Sembilan itu mulai reda sekitar pukul 12.55 WIB.

Halaman vihara tergenang air dengan ketinggian sekitar sebetis orang dewasa. Meski demikian, banjir itu tak menyurutkan para peminta-minta yang menanti sedekah dalam rangka Tahun Baru Imlek 2571.

Tak hanya kawasan Petak Sembilan, sejumlah wilayah di Jakarta juga terendam genangan. Di media sosial, warganet membagikan titik banjir di ibu koota.

Banjir juga terpantau di Cempaka Putik, Jakarta Pusat, hingga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut informasi Twitter TMC Polda Metro Jaya, banjir terpantau setinggi trotoar terjadi di Cempaka Putih. Sementara itu, banjir sampai lutut orang dewasa terjadi Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Banjir juga terpantau terjadi di Kawasan 1000 Ruko Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dilaporkan TMC Polda Metro Jaya, genangan air juga terjadi di Jalan Baru Ancol, depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, arah Servitia. Genangan air terjadi setinggi 50 hingga 55 centimeter.

" Tidak bisa roda dua dan roda empat, agar pengendara mencari alternatif jalan lain," kata TMC Polda Metro Jaya.

" 14.20 #Banjir 40 cm di KBN Cakung , saat ini tidak bisa dilintasi kendaraan," tulis TMC Polda Metro.

" 14:57 #Banjir 30-60 cm di wilayah Pluit Jakarta Utara.

Selain itu, genangan juga terjadi di depan SMA 37 Tebet, Jakarta Selatan, jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Namun di tempat-tempat itu dikabarkan sudah surut.

Beri Komentar