Tunggu Diumumkan Jokowi, Ida Fauziyah Calon Menaker Baru?

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 22 Oktober 2019 15:40
Tunggu Diumumkan Jokowi, Ida Fauziyah Calon Menaker Baru?
Ida bakal turut membantu Jokowi dalam kabinet.

Dream - Ida Fauziyah, politisi dari PKB kemungkinan bakal ikut menghuni jajaran menteri baru Jokowi jilid II. Meski tak mengungkapkan posisi yang akan diampunya, Ida mengatakan banyak membahas soal ketenagakerjaan saat dipanggil presiden.

" Saya diminta oleh Pak Jokowi untuk membantu beliau," ujar Ida di Istana Negara, Selasa 22 Oktober 2019.

Ida yang masih merahasiakan posisi yang diamanahkan Jokowi mengatakan masih diminta menunggu pengumuman langsung dari Jokowi.

" Beliau sendiri yang akan mengumumkan," kata Ida.

Soal perbincangan dengan Jokowi, Ida mengatakan banyak mengupas soal ketenagakerjaan termasuk soal kartu prakerja yang akan menjadi program andalan pemerintah di 5 tahun ke depan.

Di antara para calon menteri yang datang, wajah Ida termasuk wajah di jajaran kabinet Jokowi.

Selama ini Ida lebih banyak berkiprah di bidang politik setelah menjadi ketua KOmisi VIII yang menangani bidang keagamaan, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta zakat.

Ia merupakan pendiri dan Ketua Kaukus Perempuan Parlemen. Ida Fauziah juga menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU.

Ida sempat menjajal peruntungannya dengan maju sebagai pendamping Sudirman Said dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. (Sah)

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

1 dari 5 halaman

Basuki Hadimulyono Kaget Peserta Sayembara Desain Ibu Kota Baru Membludak

Dream - Basuki Hadimuljono dipastikan kembali membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemerintahan. Dia kemungkinan besar tetap menjadi andalan Jokowi dalam menuntaskan berbagai proyek infrastruktur.

Meski tak menyebutkan posisi menteri yang akan diampunya, Basuki mengatakan telah mendapat perintah dari Jokowi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur.

" Beliau menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang beliau canangkan dalam pidato," ujar Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Basuki juga sempat ditanya tentang perkembangan sayembara desain Ibu Kota baru. Dia menuturkan sayembara sedang berjalan dan telah diikuti ratusan peserta.

" Ada 762 peserta, beliau sangat surprise 'Kok banyak sekali yang ikut?'" kata Basuki.

Dari perkiraan Basuki, para peserta termotivasi mengikuti sayembara bukan karena hadiah yang ditawarkan. Melainkan karena semangat untuk terlibat dalam pembangunan.

" Masuk 10 besar sebagai para ahli menurut mereka sudah membanggakan," kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki menegaskan siap melaksanakan tugas sebagai menteri kembali. Dia akan berusaha semaksimal mungkin bekerja.

" Jabatan buat saya adalah perintah, tidak hanya amanah dari Allah. Jadi kalau sudah perintah, maka saya harus laksanakan," kata dia.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

2 dari 5 halaman

Sesuai Prediksi, Basuki Hadimuljono Dipanggil Jokowi Lagi

Dream - Basuki Hadimuljono juga terlihat hadir di hari kedua pemanggilan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Basuki tampak muncul di Istana Kepresiden pada sekitar pukul 11.20 WIB dan langsung menuju ruang pertemuan.

Basuki sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Kerja Jilid I.

Dia termasuk salah satu menteri dengan latar belakang profesional. Nama Basuki berkali-kali diprediksi bakal kembali masuk ke dalam Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Maruf Amin. 

Sebelum Basuki, Politisi PPP Suharso Monoarfa juga terlihat hadir di Istana. Dia tiba sekitar pukul 11.13 WIB sendirian.

Suharso juga tidak memberikan pernyataan apapun. Dia langsung menuju ruang pertemuan.

Sebelumnya, beberapa nama hadir memenuhi panggilan Jokowi. Mereka berasal dari sejumlah latar belakang, mulai dari eks menteri, politisi, dan profesional.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 5 halaman

Sri Mulyani Indrawati Tetap Jabat Menteri Keuangan

Dream - Sri Mulyani Indrawati dipastikan tetap duduk di kursi jajaran menteri kabinet baru. Presiden Joko Widodo meminta mantan direktur Bank Dunia itu untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

" Bapak Presiden meminta saya untuk tetap menjadi Menteri Keuangan," ujar Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

Sri mengatakan perbincangannya dengan presiden terkait sejumlah hal. Beberapa di antaranya mengenai penciptaan lapangan kerja, mendorong perekonomian dan meningkatkan kualitas penciptaan kesempatan kerja serta UKM.

Selain itu, Jokowi memberikan kepercayaan penuh kepada Sri menjalankan wewenang. Terutama dalam mengeluarkan kebijakan fiskal.

" Menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu para menteri-menteri terkait dalam mewujudkan ketahanan ekonomi," kata dia.

Sri menjadi satu-satunya calon menteri yang terbuka mengenai posisi yang akan diembannya. Berbeda dengan calon lainnya yang masih menunggu pengumunan Jokowi.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

4 dari 5 halaman

Agus Gumiwang dan Juliari Batubara Merapat ke Istana

Dream - Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi orang ketiga yang hadir di kompleks Istana Kepresidenan.

Politisi Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.00 WIB di hari kedua penyaringan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 22 Oktober.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Agus tampak berjalan dengan santai. Dia sempat melambaikan tangan namun tidak memberikan keterangan apapun.

 Agus Gumiwang dan Juliani Batubara Muncul di Istana, Bakal di Kabinet?

Agus lalu langsung menuju area pindai keamanan. Untuk kemudian menuju ruang pertemuan dengan Jokowi.

Agus pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di periode pertama pemerintahan Jokowi. Agus menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Beberapa saat setelah kedatangan Agus, politisi PDIP Juliari Batubara juga terlihat di Istana. 

 Juliari Batubara

Dia datang sekitar pukul 10.13 WIB, mengenakan kemeja putih lengan pendek. 

Sebelum Agus dan Juliari, terdapat dua orang yang telah tiba di Istana lebih dulu. Keduanya yaitu Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Merdeka.com

5 dari 5 halaman

Politisi Nasdem Syahrul Yasin Limpo Menyusul ke Istana

Dream - Setelah Sri Mulyani, orang kedua yang merapa ke kompleks Istana Kepresiden yakni politisi Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo. 

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Oktober 2019, sekitar pukul 09.30 WIB. 

Syahrul Yasin Limpo mengaku sudah menghubungi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk bertemu dengan Presiden Jokowi hari ini. 

" Saya sudah menghubungi Pak Surya Paloh, ada panggilan. Saya diminta pakai baju putih," jelasnya.

Memang, banyak pertanyaan muncul sejak Surya Paloh menyebut Partai Nasdem siap berada di luar pemerintah.

Tetapi, Syahrul Yasin Limpo kembali menegaskan posisi Partai Nasdem di koalisi Jokowi-Maruf Amin. " Sejak 2014 Partai Nasdem, partai yang selalu bersama Pak Jokowi dan siap," ujarnya lagi. 

Mengenai posisi menteri yang bakal diembannya nanti, apakah Syahrul Yasin Limpo akan menjabat Menteri Dalam Negeri terkait pengalamannya sebagai gubernur? Belum bisa dipastikan. (ism, sumber: Merdeka.com)

 

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting