Politisi PDIP Juliari Batubara Masuk Calon Menteri Jokowi, Posisi Apa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Oktober 2019 13:01
Politisi PDIP Juliari Batubara Masuk Calon Menteri Jokowi, Posisi Apa?
Politisi PDIP ini juga ikut `seleksi` menteri.

Dream – Juliari Peter Batubara, politisi PDIP turut diundang presiden Joko Widodo dalam seleksi calon menteri kabinet baru. Ssoknya dikenal sebagai salah satu anggota tim sukses Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu.

Mengutip laman Merdeka.com, Selasa 22 Oktober 2019, Juliari merupakan wakil bendahara umum PDIP. Sementar di jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin  di Pilpres 2019, Juliari menempati posisi wakil bendahara umum.

Laman dpr.go.id juga mencatat Juliari pernah menjadi anggota DPR untuk fraksi PDIP dari dapil Jawa Tengah I.

Selain dunia politik, lulusan Chapman University California, Amerika Serikat, ini juga memiliki karier cukup panjang di dunia bisnis. Beberapa diantaranya bahkan menempatkan Juliari sebagai pemegang kendali. 

Diketahui Juliari adalah nahkoda dari perusahaan pelumas milik sang ayah pada 2003, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

Dia juga pernah menjabat sebagai komisaris utama PT Tridaya Mandiri serta direktur utama di PT Bwana Energy dan PT Arlinto Perkasa Buana.

Alumni SMAN 8 Tebet ini juga tercatat sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis Bidang UMKM Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 2009—2010, anggota penasehat Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI) periode 2008—2014 dan Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo) pada 2007—2014.

Selain itu, dia tercatat menjabat sebagai ketua Komite Biro Promosi dan Pemasaran Komite Olahraga Nasional Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 2007—2011 dan Ketua Yayasan Pendidikan Menengah (YPM) pada 2003—2014.

1 dari 2 halaman

Agus Gumiwang dan Juliari Batubara Merapat ke Istana

Dream - Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi orang ketiga yang hadir di kompleks Istana Kepresidenan.

Politisi Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.00 WIB di hari kedua penyaringan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 22 Oktober.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Agus tampak berjalan dengan santai. Dia sempat melambaikan tangan namun tidak memberikan keterangan apapun.

Agus lalu langsung menuju area pindai keamanan. Untuk kemudian menuju ruang pertemuan dengan Jokowi.

Agus pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di periode pertama pemerintahan Jokowi. Agus menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Beberapa saat setelah kedatangan Agus, politisi PDIP Juliari Batubara juga terlihat di Istana. 

 Juliari Batubara

Dia datang sekitar pukul 10.13 WIB, mengenakan kemeja putih lengan pendek. 

Sebelum Agus dan Juliari, terdapat dua orang yang telah tiba di Istana lebih dulu. Keduanya yaitu Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Berkemeja Putih, Sri Mulyani Tiba di Istana

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembal memanggil para kandidat calon menteri Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Pagi ini, Sri Mulyani membuka hari kedua pemanggil para calon menteri ke Istana. 

Sri Mulyani, yang juga Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid I tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa 22 Oktober 2019. 

Sri Mulyani tampak mengenakan busana putih hitam, seperti para tokoh yang dipanggil ke Istana kemarin.

 

 

Sri Mulyani merupakan tokoh wanita pertama yang menjalani pemanggilan calon menteri ke Istana, dan diprediksi merupakan salah satu menteri yang tak bakal diganti Jokowi. 

Kemarin, sejumlah nama datang ke Istana termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Berikut nama-nama tokoh yang menghadap Jokowi di hari pertama kemarin: 

 

(ism, sumber: )

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie