Foto Menggetarkan, Muslim Jerman Sholat Idul Fitri di Lapangan Parkir IKEA

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 30 Mei 2020 06:00
Foto Menggetarkan, Muslim Jerman Sholat Idul Fitri di Lapangan Parkir IKEA
Kegiatan shalat berjamaah ini dilakukan di lapangan parkir IKEA agar jemaah tetap menaati peraturan pemerintah untuk menjaga jarak di tengah pandemi covid-19.

Dream - Meski sudah berlalu sepekan yang lalu, cerita tentang perayaan Idul Fitri tak pernah ada habisnya. Apalagi di tengah pandemik Covid-19 seperti saat ini. Selalu banyak kisah yang membuat kita harus memetik hikmah dari kondisi saat ini.  

Salah satu cerita menginspirasi tentang hikmah Idu Fitri di tengah pandemik Covid-19 datang dari ratusan umat Mislim di Wetzlar, Jerman. Mereka melaksanakan sholat Idul Fitri di tempat parkir milik perusahaan ritel perabotan rumah tangga terkenal dunia, IKEA, pada Minggu 24 Mei lalu.

Kegiatan sholat berjamaah ini dilakukan di lapangan parkir IKEA agar jemaah tetap menaati peraturan pemerintah untuk menjaga jarak di tengah pandemi covid-19.

Kisah menarik tersebut dibagikan oleh seorang warga lokal bernama Abdirahim Saeed dengan akun Twitter bernama @AbdirahimS.

" Muslim lokal bertanya apakah mereka bisa menggunakan lapangan parkir untuk salat agar bisa menerapkan aturan jaga jarak dan IKEA mengatakan iya," tulis Abdirahim pada Rabu, 27 Mei 2020.

1 dari 2 halaman

Terkejut Saat Diizikan Pengelola IKEA

Tempat tersebut sengaja dipilih karena memiliki tempat parkir yang luas dan sedang tidak beroperasi secara penuh selama masa pandemi covid-19.

Dilansir dari BBC, 26 Mei 2020, Abdirahim mengatakan kegiatan sholat Idul Fitri dapat terlaksana berkat pimpinan masjid kota Wetzlar yang melakukan pendekatan kepada toko IKEA.

Kadir Terzi, sang pemimpim masjid Kota Wetzlar tersebut mengutarakan maksudnya untuk meminjam tempat parkir IKEA agar bisa melaksanakan sholat Idul Fitri sambil menerapkan social distancing.

Ditakutkan apabila para jamaah tetap melaksanakan sholat Id di masjid, tidak dapat menerapkan social distancing. Secara mengejutkan, manajer IKEA Wetzlar ternyata memberikan izin.

" Secara mengejutkan manajer IKEA tanpa ragu berkata 'ya, kamu bisa sholat disini'. Saya saat itu sangat terkejut, juga senang," jelas Terzi yang juga merupakan Imam di masjid Wetzlar.

Banyak warganet yang kemudian memberikan pujian serta toleransi atas kegiatan manis ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Pihak pengurus masjid Wetzlar tetap meminta para jemaah untuk membawa sajadah sendiri dan mengenakan masker. Selain itu, pihaknya juga melarang anak berusia dibawah 12 tahun untuk ikut sholat Id berjamaah.

Walaupun sempat terjadi kekacauan di pintu masuk, namun ketika jemaah sudah memasuki lapangan parkir, mereka tetap tertib dan tetap melakukan social distancing.

Dengan latar belakang khas IKEA, biru dan kuning, jemaah kerap terlihat mengenakan masker dan mendengarkan khotbah dari imam.

Terzi mengatakan, sholat Id merupakan momen penting karena banyak jamaah yang merasa terisolasi selama Ramadhan akibat kebijakan lockdown pemerintah.

Biasanya bulan Ramadhan merupakan waktu yang sibuk bagi keluarga dan komunitas muslim di Jerman, dimana mereka akan berkumpul untuk melakukan buka puasa bersama dan mengantur kegiatan amal.

" Bulan Ramadhan tahun ini terasa sangat berebeda, tanpa kontak, tanpa kunjungan dan tanpa berbuka puasa bersama," Tanzi menjelaskan. Ia juga menambahkan bahwa kesempatan untuk melakukan sholat Id berjamaah menjadi sangat berharga.

Sumber: bbc.com

Beri Komentar