Ilmuwan AS Buktikan Manfaat Gerakan Sholat, Mereka Takjub!

Reporter : Eko Huda S
Senin, 13 Maret 2017 13:40
Ilmuwan AS Buktikan Manfaat Gerakan Sholat, Mereka Takjub!
Mereka mengungkap manfaat sholat lima waktu yang dilakukan umat Muslim.

Dream - Penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Binghamton, New York, Amerika Serikat, mengungkap manfaat sholat lima waktu yang dilakukan umat Muslim. Dalam laporan penelitian, mereka menyebut gerakan sholat yang dilakukan dengan benar dan teratur bisa menyembuhkan sakit pinggang.

" Satu cara untuk memikirkan pergerakan sholat sama dengan yoga atau terapi fisik yang digunakan untuk merawat sakit pinggang," kata Chair Mohammed Khasawneh, profesor dari Universitas Binghamton, sebagaimana dikutip Dream dari laman www.binghamton.edu, Senin 13 Maret 2017.

Para ilmuwan di universitas tersebut memfokuskan penelitian ini pada praktik gerakan sholat yang dilakukan secara berulang-ulang. Hasil kajian ini telah diterbitkan melalui sebuah paper dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering.

Menurut Khasawneh, kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosio-ekonomi, gaya hidup, dan religi. Bahkan, tambah dia, studi mengindikasikan bahwa ada keterkaitan kuat antara sholat dan cara mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik.

" Sholat bisa menghilangkan stres fisik dan kecemasan, sementara ada juga penelitian yang menunjukkan ritual sholat dapat dianggap sebagai pengobatan klinis yang efektif terhadap disfungsi neuro-muskuloskeletal," kata dia.

Paper bertajuk " An ergonomic study of body motions during Muslim prayer using digital human modelling" itu menganalisis statistik berdasarkan pergerakan yang dihasilkan oleh model digital yang digerakkan komputer. Mereka membandingkan antara model digital yang menderita sakit pinggang dan yang sehat.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Selamat, Kevin/Marcus Raih Pemain Terbaik Dunia Bulutangkis