Indahnya Serba-serbi Ibadah Tarawih di Mesir

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 Mei 2019 20:02
Indahnya Serba-serbi Ibadah Tarawih di Mesir
Ada beragam cara umat Islam menjalankan sholat Tarawih.

Dream - Meramaikan malam-malam di Bulan Suci Ramadan dengan sholat Tarawih adalah kebiasaan umat Islam. Tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Demikian pula dengan umat Islam di Mesir. Mereka mengisi malam-malam Ramadan dengan sholat Tarawih, yang di sana dikenal dengan nama sholat Qiyamul Lail. Secara umum, pelaksanaan sholat sunah malam Ramadan di Mesir tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Tetapi, ada hal yang membedakan antara kebiasaan Tarawih Muslim di Mesir dengan Muslim di Indonesia. Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH Muhammad Nur Hayid berkenan membagi pengalamannya kepada Dream.

Saat ini, ulama muda yang akrab disapa Gus Hayid ini tengah memimpin tim dai dan imam LD PBNU untuk menjalani daurah di Universitas Al Azhar Kairo. Selama Ramadan, Gus Hayid menimba ilmu di Negeri Qinanah ini. Berikut penuturan Gus Hayid: 

***

Sholat Tarawih merupakan kegiatan rutin setiap malam di Bulan Suci Ramadan. Sholat ini dilakukan karena merupakan sunah dari Rasulullah SAW dengan harapan agar malam-malam yang diturunkan oleh Allah di malam Bulan Suci Ramadan diisi dengan zikir, ibadah, serta sholat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebab, bisa jadi dari malam-malam yang kita jalani, ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang sering dikenal dengan malam Lailatul Qadr.

Dengan sholat Tarawih ini diharapkan semoga orang-orang yang beriman yang siang harinya berpuasa, malam harinya qiyamul lail, bisa mendapat kemuliaan Lailatul Qadar karena sudah menyiapkan diri dengan antisipasi sholat setiap malam melalui sholat Tarawih.

Di Mesir, tidak dikenal dengan nama sholat Tarawih tapi Qiyamul Lail. Maka dari awal sang Bilal atau bahkan imam langsung sebelum memulai sholat Tarawih, yang sering kita lakukan di Indonesia, sudah biasa mengumumkan persiapan untuk sholat Qiyamul Lail atau sholat untuk mengisi malam-malam di Bulan Ramadan.

Secara umum tidak berbeda dengan Tarawih di Indonesia yang diawali dengan bilalan, diinformasikan kepada para jemaah untuk mempersiapkan diri dengan sholat Qiyamul Lail. Kalau di Indonesia lebih tegas, shollu sholatat tarawih rokataini asabakumullah. Tapi kalau di Mesir cukup dengan shollu qiyamil lail. Orang-orang Mesir cukup paham dengan sholat Qiyamul Lail di Bulan Suci Ramadan itu maknanya adalah seperti sholat Tarawih di Indonesia.

 

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Sering Disebut Mirip Reino Barack, Ini Komentar Tessy