Ini Kasus Sebenarnya yang Membuat Habib Rizieq Diperiksa Polisi Saudi

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 November 2018 13:00
Ini Kasus Sebenarnya yang Membuat Habib Rizieq Diperiksa Polisi Saudi
Kementerian Luar Negeri telah melakukan klarifikasi terkait kabar pemeriksaan Habib Rizieq oleh polisi Saudi.

Dream - Kementerian Luar Negeri telah mengklarifikasi kabar pemeriksaan Habib Rizieq Shihab oleh aparat kemananan Arab Saudi. Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Jeddah sudah diminta menelusuri kabar tersebut.

" Dari hasil penelusuran, diperoleh konfirmasi bahwa MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah, atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Makkah," demikian keterangan tertulis Kemenlu, Rabu 7 November 2018.

Menurut Kemenlu, Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada Habib Rizieq. Pendampingan seperti ini diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri. 

Dari informasi terakhir, otoritas keamanan Saudi telah mengizinkan Habib Rizieq untuk pulang ke rumahnya. " (Rizieq) kembali kerumahnya di Makkah pada sekitar 20:00 tadi malam (Selasa, 6 November 2018)."

1 dari 1 halaman

Ini Kata FPI

Dream - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dikabarkan diamankan polisi Arab Saudi di Mekah. Kabar yang berkembang Rizieq disebut-sebut menempel bendera dengan tulisan kalimat Tauhid di kediamannya di Mekah.

Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Miftah Abegebriel saat ini sedang menerjunkan tim ke Mekah untuk menelusuri kabar itu.

" KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) sedang dalami ke Mekah, dua atau tiga jam lagi mungkin ada jawaban dari tim yang diluncurkan di sana," ujar Agus, kepada Dream, Rabu, 7 November 2018.

Agus menyebut, mengenai isu penangkapan ini, KBRI tak mendapat nota resmi dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

" Belum ada. Jadi kalau kita, kita biasanya jawab kalau nota resminya ada," ujar dia.

Kata FPI

Ketua Bantuan Hukum FPI dan kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mengatakan, informasi penangkapan itu masih simpang siur. Tetapi, kata dia, banyak yang menafsirkan informasi itu benar adanya.

" Saya saja belum konfirmasi ke beliau. Belum ada konfirmasi dan informasi," ujar Sugito saat berbincang dengan Dream.

Sugito akan mengecek kembali kabar yang beredar itu. " Nanti kalau sudah ada konfirmasi saya kabari," kata dia. (ism)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida