Dari Kota Inilah Nunung Srimulat Mengenal Narkoba 20 Tahun Lalu

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 22 Juli 2019 17:01
Dari Kota Inilah Nunung Srimulat Mengenal Narkoba 20 Tahun Lalu
Sejak saat itu Nunung seperti tak bisa berhenti mengonsumsi Narkoba.

Dream - Komedian Srimulat, Nunung, telah mengonsumsi Narkoba selama 20 tahun terakhir. Wanita bernama asli Tri Retno Prayudati diketahui pertama kali mengonsumsi obat-obatan terlarang itu saat berada di Solo (Surakarta).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengungkapkan obat terlarang yang pertama kali dikonsumsi Nunung 20 tahun lalu itu adalah pil ekstasi. 

" Karena dia ada di Solo dan dia ada di suatu kegiatan lawak," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 22 Juli 2019.

Sejak pil ekstasi pertamanya itu, Nunung selalu ingin mencoba mengonsumsi Narkoba hingga menjadi kecanduan. 

 Nunung ditangkap

" Dia terpengaruh dengan lingkungan, karena dia gunakan ekstasi," ucap dia.

Nunung ditangkap bersama suami, July Jan Sambiran di kediamannya pada Jumat 19 Juli 2019. Saat menggeledah rumah Nunung, polisi menemukan sabu bekas pakai seberat 0,36 gram.

1 dari 6 halaman

Nunung Tampak Sehat Meski Pakai Sabu, Ketahui Faktanya

Dream - Nunung membuat banyak orang kaget, terutama para penggemarnya. Tidak ada yang menyangka komedian pengocok perut itu memakai narkoba.

Mata publik semakin terbelalak mendengar keterangan polisi yang membeberkan pengakuan Nunung. Anggota grup lawak Srimulat itu tidak hanya sehari dua hari mengonsumsi barang haram itu, melainkan sudah 20 tahun!

 

Komedian bernama asli Tri Retno Prayudati ini mengaku baru lima bulan menggunakan sabu-sabu. Sebelumnya, belum diketahui jenis narkoba apa yang digunakannya.

Alasan utama Nunung menggunakan narkoba adalah karena ingin menjaga stamina saat bekerja.

2 dari 6 halaman

Benarkah Demikian?

Dikutip dari KlikDokter, sabu adalah golongan narkoba metamfetamin. Nama lain dari sabu adalah meth, “ kapur”, “ kristal”, “ es”, dan SS. Menurut dr. Andika Widyatama, sabu memiliki sifat adiktif, sehingga bila dikonsumsi akan menyebabkan ketagihan.

 Nunung ditangkap

Metamfetamin ternyata dapat menyebabkan peningkatan kadar dopamin di dalam tubuh. Dopamin adalah senyawa yang berperan dalam pengaturan kesenangan, motivasi, hingga fungsi motorik tubuh.

Banyaknya dopamin yang dipicu oleh pemakaian sabu akan membuat sel otak terus aktif hingga menimbulkan efek bahagia.

3 dari 6 halaman

Pengaruhi Imunitas Tubuh

Efek bahagia yang ditimbulkan memang akan bertahan dalam jangka waktu lama. “ Itulah mengapa, karena ada efek bahagia yang terus-menerus itu, penggunanya menjadi merasa lebih bertenaga dan bersemangat,” ujar dr. Andika.

 Nunung

Meski bisa untuk meningkatkan atau menjaga stamina, sabu juga turut membuat penggunanya mengalami penurunan daya tahan tubuh. Penyebabnya, metamfetamin dipercaya memengaruhi beberapa sel yang terlibat dalam sistem imunitas tubuh.

Misalnya, natural killer (NK), sel dendritic, monosit, makrofag, dan granulosit, sehingga sistem imunitas tubuh pengguna akan menurun.

4 dari 6 halaman

Pembuluh darah lama-lama bisa rusak

Tak cuma itu, pemakaian sabu secara berlebihan dapat memicu kerja jantung dan pembuluh darah bekerja secara berlebihan. Alhasil, tekanan darah akan meningkat. Jika sudah parah, penggunanya bisa mengalami kejang hingga perdarahan pada otak.

Kejang dan perdarahan otak dipicu oleh peningkatan suhu tubuh (demam tinggi) pasca konsumsi sabu. Kabar buruknya, meski sudah lama tidak memakainya, efek samping dari sabu ini masih mungkin untuk dirasakan.

Selengkapnya baca di sini

5 dari 6 halaman

Astagfirullah, Nunung Pakai Narkoba Sejak 20 Tahun Lalu

Dream - Kabar soal penangkapan komedian Nunung karena penggunaan narkoba membuat kaget banyak orang. Sempat beredar kabar kalau salah satu pemain Srimulat ini baru saja menggunakannya selama 5 bulan.

 nunung dan iyan

Hal tersebut rupanya dibantah. Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn mengatakan, Nunung (NN) dan suami, July Jan Sambiran (JJ) awal menggunakan menggunakan narkoba lebih dari 20 tahun yang lalu.

" Diakui sudah awal penggunaan 20 tahun yang lalu dan JJ bahkan lebih, sekitar 24 tahun yang lalu," ujar Calvijn di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.

Calvijn menerangkan, Nunung dan Sambiran mulai intensif memesan barang haram kepada Hadi Moheriyanto alias Hery pada lima bulan terakhir. Polisi menangkap pasangan selebritis itu berkat informasi dari Hery.

6 dari 6 halaman

Polisi Ingin Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Meski demikian, polisi terus mendalami keterangan dari Nunung dan suami untuk mengungkap jaringan peredaran narkoba.

" Mungkin masih ada jaringan lain. Karena kami melihat dan mendalami bukan saja satu sumber yang mereka dapati," ucap dia.

 Komedian Nunung Srimulat

Dari hasil penyidikan, Nunung menggunakan narkoba untuk meningkatkan staminanya demi menunjang aktivitas yang padat.

Akibat perbuatannya, Nunung dan suami terancam hukuman penjara di atas lima tahun.

" Sudah ditetapkan sebagai tersangka di hari pertama, karena ini kan tertangkap tangan ya, untuk ancamannya diatas 5 tahun," kata dia.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie