Innalillahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia Pagi Tadi

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 14 Januari 2021 10:38
Innalillahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia Pagi Tadi
Syekh Ali meninggal pukul 08.30 WIB

Dream - Satu lagi ulama dipanggil Yang Kuasa di tengah cobaan umat menghadapi Covid-19. Syekh Ali Jaber, dai asal Madinah, Arab Saudi meninggal dunia pagi tadi sekitar pukul 8.38 WIB, Kamis, 14 Januari 2021.

Kabar meninggalnya Syekh Ali Jaber diumumkan lewat akun Instagram Yayasan Syekh Ali Jaber, @yayasansyekhali jaber. 

" Telah Wafat Guru kita, SYEKH ALI JABER (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber), Di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021, 1 Jumadil Akhir 1442 H Jam 08.30 WIB," tulis pengumuman pengelola yayasan tersebut.  

Kabar Syekh Ali Jaber meninggal juga disampaikan Ustaz Yusuf Mansur lewat akun Instagramnya. Menurut Yusuf Mansur, Syekh Ali Jaber meninggal pada pukul 08.30 WIB saat menjalani perawatan intensif di RS Yarsi.

" Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Kita semua berduka, Indonesia berduka, Syekh Ali berpulang ke Rahmatullah jam 08.30 pagi tadi di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta. Insya Allah beliau syahid," ujar Ustaz Yusuf melalui video di Instagramnya @yusufmansurnew.

Ustaz Yusuf mengatakan Syekh Ali menggunakan ventilator sekitar 16-17 hari akibat Covid-19 yang pernah menyerang tubuhnya. Malam sebelumnya, Ustaz Yusuf mendapat kabar mengenai kondisi Syekh Ali yang kritis.

" Kita kehilangan pejuang Quran. Kita kehilangan seorang Dai yang ikhlas," ucap Ustaz Yusuf.

1 dari 5 halaman

Syekh Ali, kata dia, rela meninggalkan negaranya, Arab Saudi demi berdakwah menyebarkan ajaran Alquran di Indonesia. Syekh Ali bahkan sudah menjadi Warga Negara Indonesia.

" Insya Allah Syekh Ali Khusnul Khotimah," kata dia.

Selanjutnya, Ustaz Yusuf memohon digelar Sholat Ghaib oleh masyarakat. Baik di mushola, pesantren, oleh para guru dan santri.

" Kita akan perjuangan, Insya Allah, apa yang sudah diperjuangkan Syekh Ali," ucap dia.

2 dari 5 halaman

Foto Syekh Ali Jaber di ICU Tersebar, Pengelola RS Kena Tegur

Dream - Foto Syekh Ali Jaber saat menjalani perawatan di ruang ICU sempat beredar dan membuat heboh pengguna media sosial. Foto tersebut memperlihatkan kondisi Syekh Ali yang menggunakan alat bantu pernapasan dan dinarasikan sedang kritis.

Asisten pribadi Syekh Ali Jaber, Abu Aras, angkat bicara. Mewakili keluarga Syekh Ali, Abu Aras menyatakan pihak rumah sakit telah mendapat teguran karena melanggar privasi pasien.

" Bismillah, walhamdulillah. Terkait foto Syekh Ali Jaber beredar berantai, foto tersebut dari salah satu perawat yang melanggar etika atau privacy pasien dan keluarga," ujar Abu Aras, dikutip dari Liputan6.com.

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Syekh Ali Membaik

Abu Aras mengatakan kondisi Syekh Ali saat ini cenderung membaik. Kesehatannya menunjukkan perkembangan pulih.

" Alhamdulillah kondisi Syekh Ali Jaber berangsur membaik sebagaimana keterangan resmi berkala yang diterima pihak keluarga dari dokter dan tim medis pihak RS," kata dia.

Lebih lanjut, Abu Aras menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan kesembuhan Syekh Ali. Dia berharap Syekh Ali dapat segera pulih.

" Semoga guru kita Syekh Ali Jaber diberikan kesembuhan dan kesehatan yang sempurna, diangkat penyakitnya, diangkat derajatnya serta diampuni segala dosa dan kesalahannya melalui ujian ini oleh Allah SWT," kata Abu Aras.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

4 dari 5 halaman

Kondisi Terkini Syekh Ali Jaber yang Dirawat Karena Covid-19

Dream - Dai hafiz Alquran, Syekh Ali Jaber, saat ini tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit. Dia dinyatakan positif Covid-19 pada akhir Desember 2020.

Di tengah perawatan sang dai, beredar foto Syekh Ali Jaber yang sedang terbaring dengan selang pernapasan di bagian hidung dan mulutnya. Foto tersebut semakin membuat cemas karena berisi narasi permohonan doa untuk kesembuhan sang dai.

Melalui akun Instagram resmi @yayasan.syekhalijaber , Yayasan Syekh Ali Jaber menyampaikan Syekh Ali Jaber saat ini memang masih dalam perawatan intensif. Namun mereka memastikan kondisi Syekh Ali sudah semakin membaik.

" Kami kabarkan, saat ini beliau masih dalam perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta. Kondisinya pun semakin membaik," demikian pernyataan admin.

 

5 dari 5 halaman

Masih Harus Istirahat

Meski kondisi kesehatannya semakin membaik, Admin akun tersebut menyampaikan jika Syek Ali masih harus menjalani istirahat total demi proses pemulihan tubuhnya. 

" Namun, Syekh Ali masih harus tetap istirahat total secara terkontrol dan terukur, demi memperbaiki dan memulihkan kembali beberapa gangguan jasmani yang terjadi akibat Covid-19," tulis admin.

Sebelumnya, Syekh Ali tak menyangka terkena Covid-19. Sebab, dia merasa selalu menerapkan protokol kesehatan dan jarang bertemu orang.

Dia juga menjalani swab test secara rutin dengan hasil selalu negatif. Tetapi, tetap saja dia terinfeksi virus corona.

Beri Komentar