Gagal Berangkatkan 1000 Jemaah, Izin Travel Umroh Ini Dicabut

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 26 Maret 2019 14:02
Gagal Berangkatkan 1000 Jemaah, Izin Travel Umroh Ini Dicabut
Dua PPIU tersebut gagal memberangkatkan jemaah umroh.

Dream - Kementerian Agama mencabut izin dua biro travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh. Keputusan ini sebagai sanksi berat lantaran kesalahan dua PPIU sudah tidak bisa ditolerir.

" Dua PPIU kita cabut izinnya," ujar Direktur Bina Haji Khusus dan Umroh, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Arfi Hatim, dikutip dari Kemenag.go.id.

Arfi mengatakan pencabutan izin diberikan kepada PPIU yang terbukti gagal memberangkatkan jemaah umroh. Jumlah jemaah yang gagal berangkat bervariasi dengan total lebih dari 2.000 jemaah.

Dua PPIU yang dimaksud yaitu PT Bumi Minang Pertiwi dan PT Joe Penta Wisata.

" PT. Bumi Minang Pertiwi dicabut izin karena gagal memberangkatkan lebih 1.000 jemaah umrah, sedangkan PT. Joe Penta Wisata gagal memberangkatkan ratusan jemaah," kata Arfi.

Tak hanya pencabutan izin, Arfi mengatakan pihaknya juga menjatuhkan sanksi peringatan tertulis kepada tiga PPIU. Ini karena tiga PPIU itu dinilai melanggar ketentuan penyelenggaraan umroh sesuai aturan perundang-undangan.

Ketiga PPIU tersebut yaitu PT Bahtera Nurani Pratama, PT Sutraa Tour Hidayah, dan PT Mubina Fifa Mandiri. Ketiganya diwajibkan untuk melakukan perbaikan layanan dan tidak lagi mengulangi kesalahan.

" Jangan ulangi pelanggaraan karena akan menimbulkan sanksi yang lebih besar, termasuk sanksi pembekuan izin," ucap dia. (ism)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida