Jadwal Vaksinasi Covid-19 Dipastikan Tak Berubah Saat Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 5 April 2021 18:00
Jadwal Vaksinasi Covid-19 Dipastikan Tak Berubah Saat Ramadan
Vaksinasi tetap akan dijalankan pada siang hari, namun tak menutup kemungkinkan dilakukan pada malam hari.

Dream - Kementerian Kesehatan memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sesuai jadwal dan tidak akan berubah di saat Ramadan. Vaksinasi akan tetap berlangsung dari pagi hingga sore hari.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menyatakan Majelis Ulama Indonesia telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 yang menyatakan vaksinasi tidak membatalkan puasa. Fatwa ini menjadi rujukan Kemenkes dalam menjalankan vaksinasi ketika Ramadan nanti.

" Fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadan demi mencegah penularan Covid-19," ujar Nadia, dikutip dari Kemenkes.

Pada prinsipnya, vaksinasi boleh dilakukan dalam kondisi apapun termasuk saat berpuasa. Tetapi, kata Nadia, pihaknya tetap akan memperhatikan kondisi penerima vaksin.

" Vaksinasi yang akan dilakukan di bulan Ramadan ini nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa," kata dia.

1 dari 1 halaman

Tetap dari Pagi Sampai Sore

Karena tidak membatalkan puasa, kata Nadia, vaksinasi tetap bisa dilakukan pada siang hari. Dia juga menjelaskan fungsi puasa sendiri merupakan bentuk detoksifikasi sehingga bermanfaat pada tubuh.

" Artinya, walaupun dalam kondisi berpuasa, kondisi tubuh kita itu tidak berpengaruh terhadap pemberian vaksinasi," kata dia.

Dia juga menyatakan tidak ada persiapan khusus untuk vaksinasi di bulan Ramadan. Nadia hanya berpesan agar umat Islam agar istirahat yang cukup dan sahur dengan makanan bergizi seimbang sebelum divaksinasi.

" Untuk vaksinasi nya sendiri kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadan," kata Nadia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar