Jemaah An Nadzir dan Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Reporter : Eko Huda S
Senin, 3 Juni 2019 08:51
Jemaah An Nadzir dan Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini
Mereka telah melakukan takbiran semalam dan melakukan sholat Idul Fitri pagi ini.

Dream - Jemaah An Nadzir melaksanakan sholat Idul Fitri 1440 Hijriah, Senin 3 Juni 2019. Mereka melaksanakan sholat Id di Masjid Baitul Muqaddis, perkampungan Jemaah An Nadzir, Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

" Jemaah An Nadzir puasa terakhir kemarin, jadi hari ini kita sudah sholat Idul Fitri," kata Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jemaah An Nadzir Gowa, Ustaz M Samiruddin Pademmui, dikutip dari Liputan6.com.

Jemaah yang identik dengan pakaian serba hitam dan rambut pirang ini menentukan 1 Syawal 1440 Hijriah dengan cara melakukan pemantauan bulan. Pemantuan itu dilakukan oleh Tim Sembilan yang dibentuk secara khusus oleh seluruh pengikut jemaah An Nadzir.

" Pemantauan sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu," tambah Samir.

Hasil pemantauan itu dimusyawarahkan dan ditentukan tanggal yang tepat untuk melakukan sholat Idul Fitri.

" Jadi pemantauan ini sebetulnya berdasarkan Nabi yang mengatakan, untuk mengetahui bulan Syaban itu antum mulainya di bulan Rajab, kemudian untuk mengetahui Ramadan, ditinjau dari Syaban dan untuk Idul Fitri kita mengamati akhir Ramadan itu," jelas dia.

Selain memantau bulan, Tim Sembilan jemaah An Nadzir juga memantau air laut, petir, dan angin untuk menentukan kapan mereka akan melaksanakan sholat Idul Fitri. Pemantauan air laut, petir, dan angin itu bertujuan untuk memperkuat hasil pemantauan terhadap bulan yang telah dilakukan sebelumnya.

" Selain itu, juga kan dikaitkan dengan fenomena alam seperti pasang surut air laut, kemudian besarnya angin, kilat, dan guntur yang paling terakhir itu pasang surutnya air laut itu. Jadi kita memang berdasarkan pada pasang puncaknya, jadi besok itu akan terjadi pasang kondak air laut," terang Samir.

1 dari 1 halaman

Tarekat Naqsabandiyah

Tak hanya Jemaah An Nadzir, anggota Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, juga telah melakukan takbiran pada Minggu malam. Sehingga, mereka melaksanakan sholat Idul Fitri pagi ini.

Imam Mushalla Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, mengatakan, hari Minggu kemarin merupakan hari terakhir puasa di bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Sebelumnya jemaah Tarekat Naqsabandiyah menyatakan satu Ramadan jatuh pada Sabtu 4 Mei 2019 dan Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Senin 3 Juni 2019.

Menurut Malin Mudo, penentuan satu Ramadan telah dihitung sejak bulan Rajab lalu. Metode yang digunakan dalam penghitungan menggunakan hisab dan rukyat. Hisab adalah penghitungan dan rukyat artinya melihat bulan.

" Kalau untuk penentuan satu Ramadan, telah kami hitung sejak awal Rajab lalu," katanya. Jemaah Naqsabandiyah melaksanakan puasa selama 30 hari dan setelah itu baru akan merayakan Idul Fitri.

Malin Mudo mengatakan, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah bukan hanya berasal dari Kota Padang, namun juga dari berbagai kota dan kabupaten di sekitar, seperti Kota Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan dan lainnya.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone