Jusuf Kalla & Sofyan Djalil Resmi Buka Gerakan Masjid Bersih 2021 Bersama Sahaja

Reporter : Iwan Tantomi
Sabtu, 10 April 2021 00:01
Jusuf Kalla & Sofyan Djalil Resmi Buka Gerakan Masjid Bersih 2021 Bersama Sahaja
Gerakan Masjid Bersih 2021 kali ini dimotori langsung oleh Sahaja.

Tak terasa Ramadan tahun ini sudah kembali menyapa. Sayangnya situasi new normal yang masih sama seperti tahun sebelumnya, membuat setiap umat Muslim harus tetap bersama-sama menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Kabar baiknya, tahun ini setidaknya pemerintah masih mengizinkan untuk salat Tarawih dan Idul Fitri di luar rumah, atau di masjid, tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. Demi menyambut datangnya Ramadan, Sahaja sebagai salah satu brand rumah tangga terbaru yang mengusung nilai Islami dari Unilever, menjadi motor Gerakan Masjid Bersih 2021 kali ini.

1 dari 3 halaman

Menjadi Acara yang Kelima Kalinya

Sahaja© Sahaja

Dalam sambutan sekaligus laporannya di acara pembukaan Gerakan Masjid Bersih 2021, Andi Mappaganti sebagai Ketua PP DMI Bidang Sosial dan Kemanusiaan menjelaskan jika program ini sudah berlangsung untuk kelima kalinya.

" Kesepakatan ini merupakan tahun kelima, di mana yang pertama pada 2017 digagas oleh Bapak H M Jusuf Kalla, dan berlokasi di tempat yang sama, yaitu Masjid Sunda Kelapa. Kita doakan Unilever ini semakin berkembang, karena 2,5% hasil penjualannya diperuntukkan amal ibadah berupa shadaqah di BAZNAS, melalui Gerakan masjid bersih ini, di mana penyalurannya melalui DMI," ungkap Andi.

Andi menambahkan jika pelaksanaan gerakan ini sendiri sampai Idul Adha, karena prokes yang berlaku, sehingga baru mulai 9 April diserahkan 4000 kepada DMI DKI Jakarta. " Tahun ini sepulau Jawa saja, DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah, 6 provinsi 36 ribu masjid. Kita berharap semoga berjalan sebaik-baiknya," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Donasikan Puluhan Ribu Perangkat Produk Kebersihan

Sahaja© Sahaja

Sementara itu, Willy Saelan sebagai Direktur Human Resources Unilever Indonesia menjelaskan jika tahun ini Sahaja dan Unilver akan mendonasikan puluhan ribu perangkat produk kebersihan lewat Gerakan Masjid Bersih 2021. " Tak bisa dipungkiri masjid menjadi rumah kedua Muslim, terutama selama bulan Ramadan. Selain untuk beribadah juga bermusyawarah. Alhamdulillah dengan prokes yang ada, Ramadan tahun ini masjid-masjid dapat dibuka kembali untuk beribadah. Menyambut Ramadan 2021 ini, kamu mengadakan Gerakan Masjid Bersih bergandengan tangan dengan DMI, yang sudah berlangsung sejak 2017," ungkap Willy.

Ia kemudian menambahkan, " Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kami didukung brand baru kami Sahaja, yaitu brand perawatan rumah tangga yang mengusung nilai islami, sekaligus menjadi motor gerakan masjid bersih ini. Sebanyak 2.5% hasil penjualan Sahaja ini akan disalurkan oleh DMI bersama BAZNAS untuk kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat. Sahaja dan Unilver akan mendonasikan puluhan ribu perangkat produk kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya santri dan marbot untuk menjaga protokol kesehatan dan membersihkan masjid."

3 dari 3 halaman

Dihadiri Langsung Oleh Jusuf Kalla dan Sofyan Djalil

Sahaja© Sahaja

Selain itu, DR. H. M. Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI yang hadir dan Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) turut memberikan pernyataan, " Setiap kita beribadah selalu dimulai dengan suci, mau salat wudu, mau umrah wudu, begitu juga dengan tempat salah harus sama sucinya. apalagi di tengah kondisi seperti ini kita harus lebih rajin cuci tangan. Jadi inti dari masalah ibadah dan kesehatan ialah kebersihan."

Sahaja© Sahaja

Lebih lanjut, Jusuf Kalla menambahkan, " Karena itulah saya berterima kasih kepada Unilever dan Sahaja, yang sekian kalinya membantu menyucikan masjid dengan cara menjaga kebersihan yang baik. Sebab, bukan saja dibersihkan dengan air saja, tetapi juga produk antiseptik, sehingga kuman-kuman yang tak kelihatan bisa sepenuhnya dibersihkan."

Sahaja© Sahaja

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU DMI dan Unilever yang dilakukan sesuai protokol kesehatan, yaitu tetap menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan oleh Sahaja. Selain itu, dilakukan juga penyerahan alat kebersihan dari DMI dan Sahaja kepada perwakilan dari masjid Sunda Kelapa secara simbolis.

Sahaja© Sahaja

Lewat laporan yang disampaikan oleh reporter Tawaf TV, beberapa peserta Gerakan Masjid Bersih 2021 turut menyampaikan antusiasmenya berpartisipasi dengan produk Sahaja. Termasuk saran penggunaan Sahaja Spray Higienis yang bisa digunakan untuk membersihkan dan melindungi mukena dan sajadah dari kuman. Selain tanpa pewarna, juga sangat harum, sehingga membuat ibadah di masjid lebih nyaman bebas kuman penyakit.

Sahaja© Sahaja

Sementara Fadil yang juga turut berpartisipasi dalam Gerakan Masjid Bersih 2021 sangat mengapresiasi gerakan ini. " Gerakannya bagus banget, karena menjelang Ramadan mengajak orang bersih-bersih masjid, mengajak anak muda dengan cara positif. Apalagi jika bisa jadi contoh bagi masjid lain, akan lebih bagus banget," pungkasnya.

Beri Komentar