Kursi Pesawat Dipasang Kamera Mungil, Penumpang Dimata-matai?

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 21 Februari 2019 12:00
Kursi Pesawat Dipasang Kamera Mungil, Penumpang Dimata-matai?
Apakah informasi aktivitas manusia di dalam pesawat juga akan digali?

Dream - Teknologi yang terpasang di pesawat terbang memang kian canggih. Berbagai fitur dipasang untuk alasan keselamatan dan kenyamanan para penumpang selama berada di udara.

Namun salah seroang pemumpang pesawat maskapai Singapore Airlines, Vitaly Kamluk, menemukan piranti kamera kecil yang terpasang di bawah layar hiburan yang terpasang di punggung kursi yang berada di depannya. Dia mengunggah temuan itu ke Twitter.

Dalam cuitannya, Vitaly bertanya peruntukan kamera kecil di layar tersebut. " Ada ahli yang bisa menjelaskan fungsi dari kamera ini? Apakah @SingaporeAir dapat mengklafirikasi kegunaannya?" tulis Vitaly, Rabu 20 Februari 2019.

Singapore Airlines segera merespons pertanyaan Vitaly. Maskapai asal negeri Singa itu menyebut bahwa kamera di belakang kursi penumpang itu merupakan bawaan dari produsen peralatan asli pesawat.

1 dari 1 halaman

Data Manusia Selalu Ditambang

Singapore Airlines mengatakan kamera telah dinonaktifkan dan " tidak ada rencana untuk mengembangkan fiturnya" .

Meski Singapore Airlines telah memberikan klarifikasi, ada asumsi kamera tersebut memungkinkan digunakan untuk merekam aktivitas penumpang selama di dalam pesawat.

Penulis CNet, Claire Reilly, yakin suatu saat nanti manusia akan menjadi tontonan manusia lain. " Kami adalah pemirsa yang akan dipasarkan, data yang akan ditambang," tulis Claire.

Setiap kamera kini telah tertanam di perangkat elektronik manusia. Kamera keamanan di setiap sudut jalan melacak gerakan orang dan perlahan-lahan mencatat kegiatan kita setiap saat.

Singapore Airlines tidak menanggapi permintaan komentar mengenai kamera kecil di layar hiburan pesawat ini.

Beri Komentar