Kemendikbud Siapkan BSU 3.6 Triliun, Komisi X DPR: Ibarat Mata Air Saat Kemarau

Reporter : Zaki
Jumat, 27 November 2020 00:01
Kemendikbud Siapkan BSU 3.6 Triliun, Komisi X DPR: Ibarat Mata Air Saat Kemarau
Begini apresiasi Komis X DPR untuk BSU Kemendikbud.

Pandemi mengakibatkan beragam sektor mengalami kelumpuhan, khususnya pendidikan. Di masa seperti sekarang, tenaga honorer menjadi salah satu yang paling terkena dampak. Ini disebabkan karena banyak dari mereka yang perolehan upahnya bergantung pada jam kerja. Melihat kondisi tersebut, Kemendikbud mempersiapkan Bantuan Subsidi Upah dengan total Rp 3,6 triliun yang akan disalurkan hingga akhir November 2020 mendatang.

1 dari 3 halaman

Respon Positif Komisi X DPR

© kemendikbud

Program BSU ini memperoleh respon positif dari Komisi X DPR. Dalam acara peluncuran Bantuan Subsidi Upah bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS di Lingkungan Kemendikbud 2020 yang diselenggarakan secara daring, Wakil Ketua Komisi X DPR mengungkapkan pendapatnya.

“ Faktanya sebagian besar tenaga pendidikan nonPNS terancam juga di masa pandemi ini. Jadi kami merasa aspirasi seperti ini memang pantas untuk direspon dan pemerintah harus hadir. Kita lega sekali program ini akan segera diluncurkan, karena ini ibarat mata air di musim kemarau. Jadi kami mengapresiasi setinggi tingginya,” jelas Dr. Hetifah Sjaifudian.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir

© kemendikbud

Bukan hanya Komisi X DPR, bantuan subsidi upah dari Kemendikbud juga memperoleh apresiasi dari Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara. Dalam acara yang sama, beliau mengungkapkan jika ini merupakan kepedulian pemerintah bagi para PTK di tanah air.

“ Kami pemerintah hadir, menolong banyak progam salah satunya yang hari ini di mana kita memberikan bantuan pada tenaga pendidik. Tidak lain ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang saat ini memang perlu bantuan dari pemerintah,” ungkap Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi Kemendikbud, Kemenkeu, dan Komisi X DPR

© kemendikbud

Bantuan Subsidi Upah ini terselenggara berkat perjuangan Kemendikbud yang memperoleh dukungan dari Kemenkeu dan juga Komisi X DPR. Total bantuan mencapai Rp 3,6 triliun dan akan disalurkan keppada lebih dari 2 juta PTK di tanah air. Masing-masing akan menerima sebesar Rp 1.8 juta dan informasi selengkapnya bisa diketahui dengan mengunjungi info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id.

Dengan keberadan bantuan subsidi upah dari Kemendikbud ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia tetap terjaga meski pandemi belum juga usai.

Beri Komentar