Keren, Pemuda Saudi Ciptakan Sabuk Penuntun Orang Buta

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 14 Mei 2014 08:31
Keren, Pemuda Saudi Ciptakan Sabuk Penuntun Orang Buta
Dengan sensor itulah, sabuk ciptaan Rashid mengirimkan gelombang elektromagnetik dan mengubah suara menjadi getaran. Rashid berhasil menciptakan sabuk yang dapat menuntun seorang buta untuk berjalan.

Dream - Seorang mahasiswa asal Arab Saudi bernama Rashid Al-Twairqi berhasil meraih medali perak dalam pameran penemuan dan inovasi internasional di Kuala Lumpur, Malaysia. Di pameran yang berlangsung mulai 8-10 Mei itu, Rashid berhasil menciptakan sabuk yang dapat menuntun seorang buta untuk berjalan.

Seperti dilansir Arab News, Rashid, mahasiswa sebuah sekolah tinggi di Taif sukses membuat sebuah sabuk yang dilengkapi sensor. Dengan sensor itulah, sabuk ciptaan Rashid mengirimkan gelombang elektromagnetik dan mengubah suara menjadi getaran.

Dengan begitu, si pemakai sabuk mendapat peringatan bahwa mereka sedang mendekati sebuah benda. Atas prestasi Rashid tersebut, Mohammed Al-Shamrani, Direktur Pendidikan di Taif, mengaku bangga dan mengucapkan selamat kepada pemuda Arab itu.

Ajang internasional ini memang digelar untuk mempertemukan imuwan atau penemu-penemu lokal dengan internasional. Salah satu targetnya agar teknologi baru yang ditemukan itu bisa dibawa ke kalangan pengusaha.

Acara tahunan ini menarik perhatian para ilmuwan dari berbagai negara. Para penemu muda, tua, pemula, dan berpengalaman unjuk gigi di ajang ini. Mereka datang tidak hanya dari Malaysia tapi juga dari Asia dan Eropa. (Ism)

Beri Komentar
BTS Jadi Artis Pertama Gelar Konser di Stadion Arab Saudi