Kisah Bangga Pengusaha Batik Blitar Dapat Pesanan Khusus Pebasket NBA

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 14 Februari 2022 11:00
Kisah Bangga Pengusaha Batik Blitar Dapat Pesanan Khusus Pebasket NBA
Lewat media sosial, Batik Mawar Putih bisa mendunia.

Dream - Produk batik Blitar bisa mendunia tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi Yogi Rosdianta dan Santika. Rasa bangga itu makin lengkap, dengan hadirnya pesanan dari Justin Holiday, pebasket NBA yang sangat tersohor itu.

" Pasti sangat bangga dan sangat senang sekali, karena batik itu kan memang salah satu seni budaya asli Indonesia, yang benar-benar merepresentasikan, dan itu mendapat apresiasi yang sangat luar biasa di luar sana," ujar Yogi.

Yogi dan Santika adalah pasangan suami istri yang menekuni bisnis batik khas Blitar lewat brand Batik Mawar Putih. Bisnis inipun melejit lewat gencarnya promosi memanfaatkan media sosial.

Yogi berkisah perkenalannya dengan bintang bintang NBA Justin Holiday itu terjadi pada 2021. Saat itu, dia sedang terlibat projek kerja sama dengan Kiara Fashion mengikuti sebuah pameran di AS.

Di event itulah, Yogi bertemu dan berbincang dengan pebasket 35 tahun tersebut. Perbincangan itu berujung pada order batik tulis khusus bagi Justin.

 

1 dari 2 halaman

Pesanan Khusus

Kepada Yogi, Justin meminta motif khas Indonesia. Motif itu juga dipadu ornamen yang mencirikan klub yang pernah diikuti Justin, Indiana Pacers.

" Kita cuma ngobrol biasa awalnya. Bagaimana kalau saya (Justin Holiday) memesan batik yang khas Indonesia, yang benar-benar khas Indonesia," kata Yogi.

Mendapat tawaran itu, Yogi menyambut dengan senang. Dia segera membuat konsep sesuai pesanan Justin, dengan memadukan ikon khas Indonesia khususnya Kota Blitar.

" Setelah itu ada beberapa revisi memang yang mana itu terkait dengan perbedaan budaya antara sini dan sana (Amerika)," kata dia.

Woila, konsep Yogi membuat Justin bangga. Atlet kenamaan itu memakai batik karya Yogi dan Santika setiap kali bepergian dan rajin mengunggahnya di akun media sosialnya.

 

2 dari 2 halaman

Bakal Dipakai Justin di Sesi Khusus

Meski sudah tidak lagi membela Indiana Pacers dan kini sudah bergabung dengan Sacramento King, Justin menyatakan bakal tampil di sesi foto sebelum pertandingan di akhir Maret nanti. Dalam sesi tersebut, dia akan memakai batik rancangan Yogi sebagai bentuk penghormatan kepada klub lamanya.

" Kita memang sepakat dengan Justin Holiday bahwa, jadi kalau pemain NBA sebelum masuk ke lapangan itu kan seperti sesi foto, outseatnya disorot, terus fashionnya pasti dibahas, dipotret, disorot di situ, dan bisa dibayangkan pada saat itu nanti Justin memakai batik khas Indonesia," kata Yogi.

Lebih lanjut, Yogi berharap ini menjadi penyemangat bagi para pelaku usaha serta seniman batik di Tanah Air untuk terus berinovasi. Tak ketinggalan, dia juga berharap Pemerintah dapat memberikan dukungan penuh agar batik dan produk khas Indonesia semakin mendunia.

" Kami berharap itu menjadi trigger untuk pelaku-pelaku usaha lainnya, untuk seniman-seniman Indonesia lainnya, biar ini menjadi dorongan dan semangat kalau ternyata di pasar luar negeri itu sangat mengagumi dan sangat mencintai produk-produk Indonesia," kata dia, dikutip dari VOA.

Beri Komentar