Dream - Batik tidak hanya menjadi pakaian tradisional yang dipakai anak sekolah atau kalangan pegawai kantoran. Batik sudah menjadi simbol dari kekayaan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Popularitas batik juga tak hanya terkenal di Indonesia. Kemajuan teknologi dan media sosial telah membuka jalan bagi pelaku usaha lokal untuk mengangkat batik ke panggung internasional.
Dengan arus globalisasi yang membuat batas antarnegara semakin tidak terasa, batik yang merupakan warisan budaya Indonesia kini bisa melalang buana ke berbagai negara sekaligus terus menunjukkan eksistensinya dalam mempertahankan identitas nasional.
Putri Ajeng Bekti Pertiwi, pendiri Kencana Putri Batik, adalah salah satu contoh sosok yang sukses membawa batik ke kancah dunia. Kecintaan terhadap produk lokal yang sarat nilai dan budaya ini telah membawa bisnisnya meraih sukses di era digital.
Dari semua platform digital yang digunakan masyarakat saat ini, Kencana Putri Batik memilih TikTok untuk mendukung bisnisnya sejak 2021. Platform ini jadi pilihan karena tingginya interaksi dan potensi besar dalam mengembangkan usaha sehingga cocok digunakan sebagai tempat promosi produk-produknya.
Awalnya, Putri mencoba membuat konten video di TikTok, yang ternyata dengan cepat tampil di For You Page (FYP) TikTok.
Momentum ini menjadi titik balik bagi Putri untuk semakin serius menggarap platform ini sebagai tempat berpromosi dalam upaya membangun bisnisnya.
Berbekal smartphone dan koneksi internet, Putri memulai strategi pemasaran yang mengedepankan konten-konten interaktif dan sesi live yang dilakukan secara rutin.
Strategi ini yang telah membantu Kencana Putri Batik menjangkau audiens yang lebih luas, sekaligus memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengenal lebih dekat keunikan produk batiknya.
Namun keberhasilan ini terjadi bukan tanpa dukungan semata. Komunitas TikTok, yang dikenal dengan interaksi organiknya, berperan penting dalam meningkatkan visibilitas produk-produk Kencana Putri Batik.
Testimoni positif dari pengguna menjadi salah satu kunci peningkatan penjualan yang signifikan.
Dalam waktu singkat, Putri berhasil merasakan dampak nyata dari keberanian berinovasi di platform digital. Omzet bisnis batiknya perlahan-lahan mulai naik bahkan meningkat drastis.
Sukses usaha batik ini telah membuatnya bisa membeli tanah, memberangkatkan orang tua umroh, sampai membuka lapangan pekerjaan bagi puluhan penjahit dan karyawan.
Dirinya tidak menyangka bahwa berjualan secara live atau membuat konten video saja sudah sangat memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan dan berdampak ke orang-orang sekitar.
Lebih lanjut, Putri menambahkan bahwa dukungan TikTok melalui berbagai program pelatihan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan telah sangat membantunya untuk membuat bisnisnya terus bertumbuh.
Konsistensi yang Putri lakukan sesi live setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga 22.00 malam menjadi bagian dari strategi untuk mengoptimalkan usahanya.
Kencana Putri Batik berpesan kepada para pelaku usaha lokal lainnya adalah bahwa dengan kerja keras, konsistensi, dan strategi yang tepat, siapa pun dapat meraih mimpi dan memberikan manfaat bagi banyak orang asalkan mau bereksplorasi dan belajar, salah satunya melalui platform TikTok.