Viral Korban Banjir Madiun Diselamatkan Pelintas Tol, Begini Kondisi Terkininya

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 9 Maret 2019 14:00
Viral Korban Banjir Madiun Diselamatkan Pelintas Tol, Begini Kondisi Terkininya
Berujung silaturahmi.

Dream - Korban banjir yang diselamatkan dua pengemudi mobil di Desa Kersikan, Geneng, Ngawi telah dirawat saudaranya di Dusun Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan. Kabar itu disampaikan pengunggah video aksi dua pengemudi mobil yang menyelamatkan korban banjir tersebut.

" Mereka tinggal di rumah saudara di Karangrejo, Gandu, Magetan. Mobil depan saya yang dapat datanya," kata Nanda Sapto Wati, kepada Dream, Jumat, 8 Maret 2019.

Rencananya, Nanda dan keluarga akan menjenguk Fitroh dan keluarga. Nanda menyebut lega karena anak-anak Fitroh telah aman,

" Rencana ketemuan, sudah kontak-kontakan. Nanti lihat sikon (situasi dan kondisi)" ucap dia.

Nanda mengatakan, tak membayangkan videonya yang dia unggah di Facebook pribadinya viral. Padahal, waktu itu, dia hanya spontan membantu dan merekam peristiwa itu.

Nanda mengatakan, video yang dia rekam saat perjalanan dari Yogyakarta ke Pare, Kediri. Waktu itu, sang putra, Nandana Noah Nayotama, melihat keluarga yang terjebak banjir.

1 dari 3 halaman

Kepikiran Anak-anak

Berdasarkan cerita Fitroh ke Sujadi, suami Nanda, keluarga itu awalnya bertahan di rumahnya di Desa Kersikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Keluarga itu terjebak dalam kubangan banjir karena terseret arus.

" Mau ke titik kumpul evakuasi. Malah terseret arus menjauh," ujar Nanda.

Nanda mengatakan, sebetulnya keluarga mereka bukan yang pertama tiba di lokasi. Dia menyebut Supra Damartya telah tiba terlebih dahulu.

Tetapi, kata Nanda, Supra tak dapat berenang dan mengevakuasi keluarga itu. " Waktu tiba di sana ada mobil. Karena mas-nya nggak bisa berenang jadi nungguin. Soalnya, si bapak harus memanggul anaknya untuk melewati pagar berduri," ucap dia.

Nanda mengatakan, sebetulnya usai kejadian masih terbayang kondisi dua anak Fitroh, Amin dan Sifa. " Malamnya kepikiran terus. Nggak kepikiran sama sekali nggak bayangin, bakal viral," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Video Menegangkan Pengemudi Tolong Korban Banjir di Madiun

Dream - Video menyentuh hati ini sedang menjadi viral. Dalam video yang dibuat pada Kamis 7 Maret 2019 itu terlihat pengendara mobil yang menghentikan kendaraannya dan menolong korban banjir di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Video yang diunggah akun Instagram @makassar_iinfo itu dikirim oleh Nanda Sapto Wati dan dibagikan pada Jumat 8 Maret 2019. Dalam video itu tampak seorang lelaki membantu proses evakuasi satu keluarga yang terjebak dalam banjir.

" Pengendara mobil langsung berhentikan mobilnya dan bergegas menolong sepasang suami istri dan dua orang anaknya yang terjebak banjir," tulis akun tersebut.

Pengemudi mobil bantu evakuasi korban banjir Instagram @makassar_iinfo© Instagram @makassar_iinfo

Pengemudi mobil bantu evakuasi korban banjir Instagram @makassar_iinfo

Akun tersebut membagikan sembilan video proses evakuasi.

Video pertama menunjukkan kondisi si pembawa mobil ketika melintas. Dia melihat orang meminta tolong di tengah kepungan air. Dengan menggunakan bahasa Jawa si pengemudi mobil melihat orang membawa tas plastik.

Terdengar suara perempuan di dalam mobil. Perempuan yang diduga sang istri tersebut meminta si pengemudi mobil turun dan membantu.

" Gimana Yah. Lewat e mana? Itu bawa bayi gimana. Ada anduk enggak? Ya Allah," kata si perampuan.

3 dari 3 halaman

Proses Evakuasi

Perempuan itu berpesan agar si pengemudi mobil yang turun segera menyelamatkan anak-anak pasangan suami istri yang terjebak banjir. Sebab, banjir yang merendam setinggi dada orang dewasa.

" Anaknya yang penting. Dalam lho Yah," kata perempuan itu.

Tampak tiga orang lelaki dewasa yang turun membantu proses evakuasi keluarga tersebut. Seorang lelaki memberikan galah panjang untuk membantu proses keluarga tersebut keluar dari permukaan.

Pengemudi mobil bantu evakuasi korban banjir Instagram @makassar_iinfo© Instagram @makassar_iinfo

Pengemudi mobil bantu evakuasi korban banjir Instagram @makassar_iinfo

Dua orang anak yang diperkirakan berusia masih di bawah lima tahun segera diselamatkan di bahu jalan tol. Mereka diselimuti dengan jaket.

Seorang anak terus menangis mencari ibunya. Sementara itu, sang ayah dan ibu masih berusaha keluar dari kepungan banjir.

Beri Komentar