KPAI: Tak Ada Muatan Radikalisme di Kostum Pawai TK di Jatim

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 29 Agustus 2018 13:30
KPAI: Tak Ada Muatan Radikalisme di Kostum Pawai TK di Jatim
KPAI menyatakan kostum tersebut merupakan kelalaian dari pihak sekolah.

Dream - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan tidak ada unsur doktrinasi paham radikal dalam kostum pawai bercadar dan membawa replika senjata oleh siswa TK Kartika V-69 Probolinggo, Jawa Timur.

Penilaian KPAI ini diperoleh setelah melakukan penelahaan langsung dengan mendatangi dan meminta keterangan sejumlah pihak terkait masalah ini.

" Jadi semua pihak sudah menegaskan kalau adanya replika dengan menggunakan cadar dan bersenjata yang dibawa oleh anak TK itu tidak ada kaitannya doktrinasi soal paham radikalisme," ujar Ketua KPAI, Susanto, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 29 Agustus 2018.

Susanto bersama Ketua Divisi Pengaduan KPAI, Susianah Affandy, berkoordinasi dengan Wali Kota Probolinggo, Rukmini beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Polres Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo membahas persoalan ini.

Susanto menilai kostum anak TK yang menuai polemik tersebut merupakan kelalaian dari pihak sekolah. Tetapi, dia tidak ditemukan adanya penanaman nilai-nilai terorisme.

Meski demikian, dia berharap para guru dan tenaga pendidik memperhatikan betul kasus ini. Susanto meminta mereka tidak sembarangan menggunakan atribut yang kontroversial.

" Sebab adanya simbol atau artibut akan bisa mendatangkan persepsi berbeda bagi orang lain," kata Susanto.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri