Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

KPAI: Petisi Boikot Saipul Jamil Alarm Positif untuk Perlindungan Anak

KPAI: Petisi Boikot Saipul Jamil Alarm Positif untuk Perlindungan Anak Saipul Jamil Bebas (Kapanlagi.com)

Dream - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai munculnya petisi boikot Saipul Jamil di televisi pascabebas dari penjara akibat kasus kekerasan seksual anak sebagai sinyal baik. Ini menandakan adanya keberpihakan terhadap perlindungan anak.

"Ini alarm positif untuk perlindungan anak di masa depan. Pesan kita adalah bagaimana setiap informasi publik yang disaksikan oleh anak-anak tidak mengandung konten-konten negatif," ujar Komisioner KPAI, Jasra Putra.

Menurut Jasra, anak yang menjadi korban kekerasan, termasuk pelecehan seksual, mengalami trauma akibat peristiwa yang dialami. Untuk dapat pulih kembali, mereka membutuhkan waktu yang lama meskipun usianya sudah dewasa.

"Kendatipun usia korban saat ini sudah melewati usia anak (di atas 18 tahun), namun penyembuhan dari trauma korban pencabulan membutuhkan waktu yang cukup lama," kata dia.

Dia pun menyatakan sambutan meriah atas bebasnya Saipul Jamil dapat menambah beban para korbannya. Pemberitaan tersebut berpotensi membuka kembali ingatan masa lalu korban yang tidak mudah dijalani.

"Sensitivitas dan penghormatan kepada korban perlu dilakukan dalam menjaga penyembuhan trauma yang mendalam agar bisa dilalui secara baik," ucap Jasra.

Berbahaya

Komisioner KPAI, Retno Listyarti, menyayangkan peliputan besar-besaran bebasnya Saipul Jamil. Dia menyatakan kemunculan Saipul di televisi menambah beban psikologis korban sehingga semakin takut bersuara.

"Psikologis korban menjadi terpukul kembali dan bisa jadi sulit pulih ketika pelaku malah disambut seperti pahlawan," kata dia.

Retno menegaskan semua pihak harus berada di pihak korban kekerasan seksual. Dia khawatir pemberitaan Saipul Jamil membuat pelaku merasa tidak bersalah.

"Saipul Jamil adalah pelaku kekerasan seksual pada anak, itu perbuatan tercela," kata dia.

Lebih lanjut, Retno juga mengkhawatirkan liputan tentang Saipul Jamil dapat mengubah perspektif masyarakat tentang kekerasan seksual. Masyarakat dapat menganggap kekerasan seksual anak menjadi hal wajar.

"Pelaku bisa merasa tidak bersalah atas perbuatannya. Berikutnya bisa menganggap kekerasan seksual sebagai sesuatu yang normal. Ini sangat berbahaya," kata dia, dikutip dari Liputan6.com.

Angga Sasongko Stop Kerja Sama Nussa dan Keluarga Cemara di TV, Imbas Saipul Jamil

Dream - Sutradara kenamaan, Angga Dwimas Sasongko, memutuskan menghentikan semua pembicaraan kerja sama penayangan animasi Nussa dengan stasiun televisi. Keputusan ini dia ambil lantaran stasiun TV tersebut menayangkan bebasnya Saipul Jamil yang dinilai tidak menghormati korban kekerasan seksual.

"Menyikapi hadirnya Saipul Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun TV terkati karena tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kami yang ramah anak," cuit Anggar, di akun Twitternya, @anggasasongko.

Angga mengatakan keputusan ini tidak hanya berlaku untuk televisi yang sudah mengikat kontrak kerja sama. Melainkan juga televisi yang sedang menjajaki kerja sama penayangan film produksi Visinema, yang juga menyiarkan tayangan serupa.

"Ini menjadi kesadaran bersama pentingnya media-media yang menghargai anak-anak kita," tegas Angga.

 

Lebih lanjut, Angga menyatakan keputusan ini untuk memberikan dukungan terhadap gerakan yang melawan glorifikasi pelaku kekerasan seksual terhadap anak di media.

Seperti diketahui, Saipul telah menyelesaikan masa hukumannya. Dia divonis penjara selama 8 tahun namun mendapatkan remisi sehingga bisa bebas pada 2 September 2021, lebih cepat dari vonis yang dia terima.

Beberapa media bahkan menyiarkan secara langsung proses bebasnya Saipul dari dalam penjara. Malah, Saipul disambut bak raja oleh para pendukungnya.

Lebih parah lagi, terdapat stasiun televisi yang sampai membuat wawancara khusus dengan Saipul Jamil. Ditambah lagi, judul tayangan dibuat seolah-olah Saipul adalah korban dan terpaksa mengalami kesusahan.

Muncul Petisi Boikot Saipul Jamil dari Televisi

Dream - Setelah bebas dari penjara atas kasus asusila, Saipul Jamil kembali wara-wiri di televisi. Namun kehadiran Saipul Jamil membuat sebagian orang tidak suka.

Saipul dianggap tak pantas lagi menjadi artis terlebih langsung masuk tv usai keluar dari penjara.

Karena hal tersebut, muncul petisi untuk pemboikotan dia untuk tidak tampil lagi di televisi. Sudah lebih dari 270 ribu orang menandatangani hal tersebut.

"Jangan biarkan mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) masih berlalu-lalang dengan bahagia di dunia hiburan, sementara korbannya masih terus merasakan trauma," tulis keterangan petisi tersebut.

Diharapkan, KPI bisa bertindak tegas terkait hal ini. Karena kasus yang pernah dilakukan oleh Saipul Jamil bukanlah kasus ringan.

"Sungguh sangat berharap stasiun televisi melakukan hal yang sama dengan memboikot mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) muncul," katanya lagi.

Terkait adanya penolakan agar Saipul Jamil tak muncul di televisi, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia, Nuning Rodiyah mengungkapkan kalau Saipul Jamil masih bisa berkarya di televisi asal mematuhi peraturan yang ada.

"Kalau kembali ke stasiun televisi selagi itu tidak menginspirasi seseorang untuk tidak melakukan kejahatan seksual, Saya rasa boleh saja," ucap Nuning.

Sambutan Meriah Bebasnya Saipul Jamil Dicibir, Bang Ipul: Aku Kayak Orang Norak

Dream - Saipul Jamil terlihat sangat bahagia karena bisa menghirup udara bebas, setelah 5 tahun 7 bulan dipenjara atas kasus asusila dan penyuapan.

Dalam video yang diunggah akun gosip @lamiscorner, Saipul Jamil yang berada di dalam mobil berdua dengan Indah Sari, begitu terkesima melihat kondisi Jakarta yang bersih.

Saipul Jamil bebas dari penjara

"Oh masih belum ada perubahan apa-apa ya, halo pak polisi. Ya Allah ini bersih Jakarta ya, aku seperti orang norak," kata Saipul Jamil dalam video tersebut.

Bukan hanya itu, dia juga langsung mendapatkan Handphone usai bebas dari penjara.

ipul

"Aku ditangkap hari kamis, bebas hari kamis lagi, aku dapat handphone bisa main handphone," ucap dia.

Video ini pun ramai dikomentari netizen, banyak yang nyinyir melihat pembebasan Saipul yang dianggap berlebihan.

Saipul Jamil bebas dari penjara

"Dih keluar penjara malah disambut," kata akun zhafirarizqah.

"Miris lihat negara sendiri, tapi mau gimana lagi kan ini Indonesia, yaudahlah," tutur akun kanghye16.

"Gak ada malunya, masuk penjara karena pelecehan seksual tapi maish bisa hahah hihih," ujar akun endoftheday0707.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Terungkap! Penyebab Saipul Jamil Diamankan Polisi

Terungkap! Penyebab Saipul Jamil Diamankan Polisi

Ternyata Saipul Jamil ditangkap saat polisi mengincar..

Baca Selengkapnya
13 Arti Mimpi Pegang Ular Hitam yang Menakutkan, Pertanda Masalah Besar?

13 Arti Mimpi Pegang Ular Hitam yang Menakutkan, Pertanda Masalah Besar?

Mimpi pegang ular hitam memiliki beberapa arti yang bisa dijadikan sebagai alarm untuk selalu waspada.

Baca Selengkapnya
8 Arti Mimpi Saudara Meninggal yang Bikin Cemas, Alarm untuk Perbaiki Hubungan dengan Anggota Keluarga

8 Arti Mimpi Saudara Meninggal yang Bikin Cemas, Alarm untuk Perbaiki Hubungan dengan Anggota Keluarga

Mimpi ini dapat diartikan sebagai adanya kekhawatiran atau rasa takut akan kehilangan sesuatu yang penting dalam hidup.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Teriak dan Menangis Saat Ditangkap Terkait Narkoba, Saipul Jamil: Saya Kira Begal

Teriak dan Menangis Saat Ditangkap Terkait Narkoba, Saipul Jamil: Saya Kira Begal

Alasan Saipul Jamil menangis dan teriak-teriak saat ditangkap polisi.

Baca Selengkapnya
Disinggung Soal Penangkapan Saipul Jamil, Tak Disangka Begini Reaksi Dewi Perssik!

Disinggung Soal Penangkapan Saipul Jamil, Tak Disangka Begini Reaksi Dewi Perssik!

Nama Dewi Perssik juga ikut terseret saat sosok mantan suaminya itu tertangkap polisi

Baca Selengkapnya