Peringatan BMKG: Potensi Hujan Lebat Sampai Banjir Ancam Jakarta 2 Hari Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 September 2021 13:40
Peringatan BMKG: Potensi Hujan Lebat Sampai Banjir Ancam Jakarta 2 Hari Ini
Masyarakat diminta waspada dengan potensi adanya hujan lebat yang kemungkinan akan mengguyur Jakarta dari hari ini sampai besok pagi pukul 7.

Dream - Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem. Dalam peringatan itu, Jakarta akan dilanda hujan lebat berpotensi banjir dalam dua hari, 6-7 September 2021.

" Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah DKI Jakarta (waspada)," demikian pengumuman BPBD DKI Jakarta di akun Instagram @bpbddkijakarta.

Peringatan ini berdurasi mulai pukul 07.00 WIB hari ini hingga besok pada waktu yang sama. BPBD juga menyebut Jakarta juga berpotensi mengalami hujan es.

" Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es," tulis BPBD.

 

1 dari 5 halaman

Tingkatkan Kesiapsiagaan

Hujan lebat yang akan terjadi berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Peringatan ini dikeluarkan khususnya untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

" Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan," tulis warganet.

Karena prediksi hujan lebat bakal turun di tengah pandemi Covid-19, BPBD juga mengingatkan agar masyarakat tidak berhenti menerapkan protokol kesehatan.

" Kami mengimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk tetap menerapkan 6M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari makan bersama," tulis BPBD.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BPBD DKI Jakarta (@bpbddkijakarta)

2 dari 5 halaman

Detik-Detik Evakuasi Remaja Terjebak Banjir Saat Selfie di Bawah Jembatan

Dream – Pesatnya teknologi kamera ponsel membuat selfie menjadi kebiasaan baru masyarakat masa kini. Hampir semua orang berfoto selfie saat berada di tempat baru yang asyik dan mengunggahnya di sosial media.

Namun, saking asyiknya berselfie, terkadang orang-orang kurang memerhatikan bahaya yang mengintai mereka. Sudah banyak kasus selfie berujung maut yang seharusnya menjadi contoh agar selalu berhati-hati. Semua harus sadar bahwa di balik spot indah ada bahaya mengintai.

Seperti yang dialami oleh sekelompok remaja dalam video yang dibagikan oleh akun Instagram @andreli48. Dalam video tersebut tampak remaja-remaja itu sedang berselfie ria di bawah jembatan. Namun kemudian mereka terjebak banjir dan harus mendapatkan pertolongan dari para warga agar bisa menyeberang ke tepi sungai yang lebih aman.

Untuk mengetahui cerita lengkapnya, berikut sebagaiman telah dilansir oleh Dream melalui akun Instagram @andreli48.

3 dari 5 halaman

Sekelompok Remaja Terjebak Banjir di Bawah Jembatan

Sekelompok Remaja Terjebak Banjir di Bawah Jembatan© Instagram @andreli48

Sungai tersebut berada di daerah Maduguwongjati, Batang, Jawa Tengah. Dalam video tersebut begitu jelas bahwa sungai sedang banjir dan arusnya sangatlah deras.

Alhasil sekelompok remaja itu terjebak dan harus mendapatkan bantuan dari para warga secara bergotong royong agar bisa menepi ke pinggir sungai yang lebih aman.

Beberapa muda-mudi terjebak banjir di Maduguwongjati Batang Jawa Tengah dan di tolong beberapa warga, rabu 18/08/21,” tulis di caption unggahan video tersebut.

4 dari 5 halaman

Dievakuasi Warga dengan Tali

Dievakuasi Warga dengan Tali© Instagram @andreli48

Saat mengetahui ada sekelompok remaja yang terjebak banjir di sungai tersebut, warga bergotong-royong membantu mereka. Warga membentangkan tali di sungai agar para remaja itu bisa menyeberang sambil berpegangan.

Tampak seorang remaja putri menyeberang dengan susah payah di tengah terjangan arus deras sambil berpegangan tali. Saat sudah sampai diseberang, ia pun langsung ditolong warga untuk naik.

Banjir dari hulu sungai yang menjebak para remaja yang sedang selfie tersebut datang mendadak karena cuaca yang tidak menentu.

Hati-hati saat selfie di tengah sungai dengan cuaca yang tidak menentu kadang hulu sungai hujan deras yang menyebabkan banjir,” tulis di caption video tersebut.

5 dari 5 halaman

Beragam Komentar Warganet

Salah Satu Komentar Warganet© Instagram @andreli48

Sejak video tersebut diunggah oleh akun Instagram @andreli48, hal tersebut langsung menyedot perhatian warganet. Bahkan hingga saat ini diketahui sudah ada 3 ribu lebih penonton dan beragam komentar yang diberikan warganet.

Cari cari celaka aja ni,” tulis @rz.rz.779205

Lha itu selfienya malah bagus banget sampek viral,” tulis @amy_sumarmi

Selfie nya di rumah Ajah,” tulis @ithacrisella

Ning kampung ku iku min..,” tulis @riyan0881.

Beri Komentar