KNKS Segera Luncurkan Aplikasi Zakat

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 6 Maret 2019 11:00
KNKS Segera Luncurkan Aplikasi Zakat
Aplikasi ini akan memudahkan muzakki menyalurkan zakatnya.

Dream - Komite Nasional Keuangan Syariah tengah mempersiapkan aplikasi layanan pengumpulan dan penyaluran zakat. Selain untuk memudahkan muzakki (wajib zakat) membayar zakat, aplikasi ini juga bertujuan agar pengelolaan dana zakat tepat sasaran.

" Yang utamanya adalah platform dari pengelolaan zakat yang paling unggul dan paling baik sehingga muzakki terlayani dengan gampang, kredibel, dan transparan," ujar Direktur keuangan, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah KNKS, Ahmad Juwaini, dalam Rakornas Zakat di Hotel Sunan Surakarta, Jawa Tengah, Selasa 5 Februari 2019.

Juwaini mengatakan aplikasi tersebut nantinya memuat data mustahik (penerima zakat) berdasarkan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Berdasarkan data tersebut, ada sekitar 40 juta keluarga Indonesia tercatat sebagai mustahik.

" Nanti bila muzakki ingin memberikan zakatnya pada keluarga terdekat misalnya, mereka tinggal langsung search saja desanya mana, kecamatan, kabupaten, provinsi mana, dan akan keluar foto berserta profil mustahik yang akan menerima zakatnya," kata Juwaini.

Aplikasi ini sejalan dengan pesan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menilai perlu adanya transparansi data zakat. Sehingga diharapkan jumlah dana zakat yang terkumpul dan terdistribusi semakin meningkat.

" Yang perlu kita lakukan untuk menaikkan zakat itu ialah bagaimana terbuka dan diketahui manfaat dari zakat," ujarnya.

Saat ini, aplikasi yang bernama 'Satu Zakat' masih dalam proses pengembangan. Juwaini menargetkan aplikasi ini tersedia di play store pertengahan tahun ini.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri