Masjid Istiqlal Gaza Resmi Berdiri, Wujud Doa Bangsa Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 25 Februari 2022 19:00
Masjid Istiqlal Gaza Resmi Berdiri, Wujud Doa Bangsa Indonesia
Masjid ini dibangun dengan dana donasi dari Bangsa Indonesia.

Dream - Umat Islam Indonesia bisa berbangga. Masjid Istiqlal Gaza telah berdiri dan sudah dapat dimanfaatkan untuk ibadah masyarakat setempat.

Masjid yang diresmikan pada Selasa, 22 Februari 2022 itu memiliki nama yang sama dengan Masjid Istiqlal Indonesia. Nama ini dipilih sebagai representasi doa umat Islam Indonesia untuk Palestina.

" Diresmikannya masjid ini menandai dimulainya kegiatan bersama layaknya dua saudara. Dengan segenap cinta, masjid ini akan selalu hadir membersamai saudara-saudara kami yang masih memperjuangkan kemerdekaannya," ujar Direktur Yayasan Kasih Palestina, Sopian Supriyanto, melalui keterangan tertulis.

Masjid Istiqlal Gaza didirikan menggunakan donasi dari rakyat Indonesia untuk warga Palestina. Seperti namanya, di masjid ini tersemat harapan agar Palestina bisa meraih kemerdekaan seperti Indonesia.

" Sebagaimana makna dari kata 'Istiqlal' yang berarti kemerdekaan, mudah-mudahan Allah SWT segera memberikan anugerah kemerdekaan kepada Bangsa Palestina," kata dia.

 

1 dari 1 halaman

Proses pembangunan Masjid Istiqlal Gaza ini memakan waktu 3 tahun. Peletakan batu pertama dilakukan pada 2019, disaksikan langsung ribuan rakyat Palestina di Gaza.

Salah satu tokoh Gaza, Younis Al Astal, merasa sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian yang selalu diberikan Bangsa Indonesia kepada perjuangan Palestina. Dia juga menyampaikan terima kasih khusus kepada Presiden Joko Widodo yang selalu memberikan dukungan pada rakyat Palestina.

Masjid Istiqlal Gaza© Istimewa

" Secara khusus juga saya sampaikan terima kasih untuk Presiden Republik Indonesia, yang sangat kami cintai dari lubuk hati kami yang paling dalam, Bapak Presiden Joko Widodo," kata Younis.

Lebih lanjut, Younis mengatakan keberadaan Masjid Istiqlal Gaza tidak bisa dilepaskan dari Masjid Istiqlal Indonesia. Meski dua masjid ini berbeda, tetapi memiliki semangat yang sama.

" Masjid Istiqlal di Jakarta memiliki ikatan sejarah dengan masjid ini," kata dia.

Beri Komentar