Masuk Hari ke Tiga, Area Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Diperluas

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 11 Januari 2021 11:00
Masuk Hari ke Tiga, Area Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Diperluas
Fokus pencarian diperluas.

Dream - Basarnas melanjutkan pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak. Hari ke tiga proses evakuasi, Senin 11 Januari 2021, pencarian tetap dilakukan melalui udara, permukaan laut, hingga ke dasar laut.

Direktur Operasi Basarnas Brigadir, Jendral (Mar) Razman, mengatakan, unsur laut menjadi ujung tombak untuk melakukan kegiatan. Pencarian kemarin, fokus ke area yang sempit. Hari ini, akan diperluas.

" Kalau yang kemarin masih sekitar 30-an kapal (yang terlibat), sekarang ini hari ini kurang lebih 53 kapal yang akan terlibat langsung untuk pencarian dan pertolongan. Tentu punya spesifikasi tersendiri yang kita atur semuanya. Untuk pencarian tetap semua apa saja yang bisa kita ambil, pecahan, korban dan sebagainya kita upayakan," jelas Razman di Posko JICT, Jakarta.

1 dari 3 halaman

Tim SAR juga melibatkan banyak penyelam profesional untuk membantu pencarian korban serta puing pesawat. Konsentrasi akan dilakukan di pencarian dasar laut.

“ Jadi kita konsentrasi di bawah air. Namun demikian, di atas permukaan juga kita fokuskan. Oleh karena itu, di sekitar pantai yang kemungkinan ada arus gelombang dan sebagainya yang bergeser ke arah pantai. Oleh karena itu wilayah pencarian semakin kita perluas,” tambah dia.

Ada sekitar 2.600 personel yang terlibat dalam proses pencarian hari ini. Di laut, ada 53 kapal, di udara menggunakan 13 helikopter yang siap dioperasionalkan.

“ Untuk darat khususnya ambulans, kita masih ada 12. Saya kira hari pertama maupu kedua, tidak ada masalah dari barang bukti yang diserahkan dari kita bisa didistribusikan dengan baik,” jelas dia.

“ Kemarin kita bagi empat sektor, hari ini menjadi enam sektor,” tutup Razman.

Sumber: merdeka.com

2 dari 3 halaman

Penampakan Turbin Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang Berhasil Diangkat dari Laut

Dream - Tim SAR gabungan mengangkut turbin pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

Turbin itu ditemukan pada Minggu malam, 10 Januari 2020. Pantauan di lapangan, Pasukan TNI dan Polri langsung bersiaga di tempat bersandar KRI Crucut. Mereka bergotong-royong menurunkan Turbin menggunakan alat berat berjenis truk garpu.

Menurut keterangan yang disampaikan Komandan KRI Cucut, Mayor Laut (P) Orri Kaufmann R, Tim penyelam TNI AL mengangkat turbin pesawat setelah diketahui keberadaan menggunakan sonar tiga dimensi yang ada di KRI Rigel.

" Kurang lebih pukul 16.00 WIB puing tersebut dapat dievakuasi dan diserahkan pada KRI Cucut," kata dia.

3 dari 3 halaman

Orri mengatakan, temuan itu dilaporkan ke TNI AL yang berada di KRI Cucut untuk dibawa ke menuju ke International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara.

" Selanjutnya malam ini kami berhasil membawa puing ke posko utama pencarian dermaga International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, dan akan diserahkan pada Basarnas untuk dilakukan tindakan lebih lanjut," tandas dia.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar