Menteri Agama Berguru Pada Tukang Tambal Ban

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 12 Oktober 2018 19:00
Menteri Agama Berguru Pada Tukang Tambal Ban
Lukman bingung karena menganggap profesi menambal ban sepeda sudah sepi konsumen. Jawaban penambal itu membuatnya terhenyak.

Dream - Kisah menarik disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, saat mengikuti rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Yogyakarta. Dia membagikan kisah itu saat menghadiri pengukuhan Forum Komunikasi dan Silaturahim Perhimpunan Asosiasi Travel Umrah dan Haji (PATUH) se-Jawa Barat.

Lukman bercerita, sempat makan di warung bakmi yang terkenal di Yogyakarta. Pembeli warung bakmi itu ramai, sehingga para pembeli harus mengantre. Tetapi, Lukman menyebut ada keunikan dari si pemilik warung yang menutup lapak jika sudah waktu tutup.

" Mengapa tidak diperpanjang jam bukanya?," kata Lukman bertanya ke si pemilik warung.

" Saya diajari orang tua dan guru saya agar tidak ngoyo dalam berusaha," jawab si pemilik warung.

Lukman mengatakan, si pemilik warung punya filosofi apa yang cukup bagi dia dan keluarganya itulah rezekinya. " Tubuh perlu istirahat, para karyawan pun butuh istirahat," ucap Lukman.

Selain bertemu dengan penjual bakmi, Lukman juga mengisahkan pertemuannya dengan penambal ban sepeda. Lukman bingung karena menganggap profesi menambal ban sepeda sudah sepi konsumen. Tetapi, pendapat Lukman keliru.

Jawaban penambal itu membuatnya terhenyak. " Saya buka tambal ban sepeda ini tidak sekadar usaha, tapi saya berniat membantu orang lain, kalau ada orang yang ban sepedanya bocor, maka saya bisa membantunya," Lukman menirukan jawaban penambal ban sepeda itu.

Berkaca dari kisah itu, Lukman ingin mengingatkan para agen perjalanan haji dan umroh yang tergabung dalam PATUH. Dia mengajak para agen perjalanan itu kembali pada niat awalnya membuka usaha.

" Ketika kita membua usaha umroh, kembali pada niat awalnya, jika pada awalnya ingin mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya, maka itulah orientasi kita dan akan menabrak banyak hal, jika orientasi kita tak tercapai," ujar Lukman.

Lukman menyebut para pengusaha agen perjalan harus menata hati dan niat. Dia meyakinkan, usaha agen perjalanan yang dibangun akan bermanfaatkan ketika berlandas ibadah. " Saya yakin Allah SWT akan membantu kita," ucap dia.

1 dari 2 halaman

Cerita Menag Masuk Ruangan Kabah: Sangat Wangi

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mendapat kehormatan dari Pemerintah Arab Saudi untuk mengikuti prosesi pencucian Kabah. Bahkan Lukman diizinkan masuk ke dalam bangunan yang merupakan kiblat umat Islam seluruh dunia itu.

Mendapat kesempatan tersebut, Lukman menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Saudi. Menurut Lukman, kesempatan masuk ke dalam Kabah merupakan kehormatan bagi dirinya sendiri, melainkan juga bagi bangsa Indonesia.

" Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Saudi Arabia yang sudah memberikan kesempatan sekaligus kehormatan ini," ujar Lukman, dikutip dari Kemenag.go.id, Selasa 25 September 2018.

 Proses pencucian Kabah

Lukman merasa bersyukur bisa memenuhi undangan dari Kementerian Haji Saudi. Dia mengaku sempat melaksanakan sholat dua rakaat sebanyak empat kali di dalam Kabah.

" Kami menunaikan sholat dua rakaat sebanyak empat kali karena di setiap bidang, di setiap sudut kami melakukan sholat dua rakaat," ucap Lukman.

2 dari 2 halaman

Tak hanya itu, Lukman juga memanjatkan doa untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. " Agar ke depan, bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia senantiasa meningkatkan kualitas hidupnya, meningkatkan kesejahteraannya," terang dia.

Putra dari Menteri Agama era Presiden Soekarno, (alm.) KH Saifuddin Zuhri ini menggambarkan bagaimana bagian dalam Kabah. Menurut dia, ruangan dalam Kabah sangat bersih dan wangi.

Dinding dan lantainya dilapisi marmer. Bisa masuk ke dalam Kabah merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi Lukman.

" Kiblat semua Muslim di dunia itu adalah Kabah. Ketika kita memasuki, tentu kita memiliki kesan tersendiri yang luar biasa," tutur Lukman.

Pencucian Kabah dilakukan pagi hari jelang Dluha waktu setempat. Prosesi ini dipimpin oleh Gubernur Mekah, Pangeran Kholid Al Faisal.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen