Menag: Vaksinasi Sejalan dengan Spirit Beragama

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 22 Juli 2021 18:00
Menag: Vaksinasi Sejalan dengan Spirit Beragama
Menag Yaqut mengatakan program vaksinasi merupakan penjabaran dari ajaran agama.

Dream – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kerjasama seluruh elemen masyarakat termasuk para tokoh dan pimpinan lembaga keagamaan untuk menyosialisasikan program vaksinasi.

Menurutnya program vaksinasi ini sejalan dengan spirit agama untuk menjaga keberlanjutan hidup. Ia mengatakan setiap umat beragama wajib menjaga kelangsungan hidup sebagai karunia Tuhan yang paling besar.

“ Program vaksinasi ini sejalan dengan spirit kita dalam beragama untuk menjaga keberlanjutan kehidupan,” ujarnya melalui keterangan pers virtual, Kamis 22 Juli 2021.

1 dari 3 halaman

Tingkatkan Vaksinasi

Ilustrasi© YouTube/Sekretariat Presiden

Menurut Gus Yaqut, pemerintah sudah menargetkan program vaksinasi sebanyak dua juta orang di bulan Agustus mendatang. Kini Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-29. Ia berharap program vaksinasi ini bisa mendorong program vaksinasi secara nasional

" Sukseskan program vaksisinasi yang telah dicanangkan pemerintah agar herd immunity bisa tercapai," ungkapnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar masyarakat yang saat ini berada di wilayah PPKM level 3 dan level 4 untuk terus berikhtiar. Dia mengajak seluruh umat beragama agar taat dan patuh dalam kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

" Kebijakan ini adalah bentuk pengorbanan dan pilihan yang sulit yang perlu didukung demi kebaikan bersama. Pilihan yang sulit, percayalah demi untuk menyelamatkan masyarakat yang lebih luas," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Sejalan dengan Spirit Agama

Menurutnya program vaksinasi tidak bisa berjalan maksimal tanpa dukungan masyarakat. Maka dari itu, Kemenag mengajak para tokoh agama dan rohaniawan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasi yang diadakan pemerintah.

" Kami mengajak para tokoh agama, pimpinan ormas keagamaan, lembaga keagamaan dan sleuruh elemen bangsa ini untuk terus bersama-sama mensukseskan program vaksinasi dengan proaktif mendatangi tempat-tempat vaksinasi dan memberikan pencerahan," ungkap Gus Yaqut.

Ia menambahkan, program vaksinasi merupakan penjabaran dari ajaran agama. Menurutnya setiap umat beragama wajib menjaga kelangsungan hidup sebagai karunia Tuhan yang paling besar.

“ Setiap umat beragma wajib menjaga kelangsungan hidup sebagai karunia Tuhan paling besar, menjaga kehidupan adalah langkah paling mulia agar kita bisa mengagungkan Tuhan lebih lama selama hidup di dunia,” katanya.

Meskipun vaksinasi sudah dilakukan, Gus Yaqut juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“ Tidak boleh lengah dan abai sedikitpun terhadap aturan pemerintah karena ini dilakukan demi menjaga keselamatan bersama dari bahaya Covid-19. Pastikan setiap kita peduli lingkungan dengan saling mengingatkan terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Ibadah dari Rumah

Pemerintah kembali membuat kebijakan dengan memperpanjang pemberlakuan PPKM karena kasus aktif Covid-19 masih belum kunjung melandai.

Gus Yaqut meminta masyarakat yang berada di zona PPKM level 3-4 dan merah, serta oranye tetap menjalankan aktivitas dan ibadah di rumah. Menurutnya hal itu dilakukan untuk menekan angkas kasus covid-19 yang hingga kini terus meningkat.

" Kepada masyarakat yang berada di zona PPKM level 4, level 3 dan zona merah serta oranye, kami terus mengajak untuk menjalankan aktivitas dan beribadah di rumah untuk sementara waktu sampai situasi memungkinkan untuk kita semua melakukan mobilitas," ucapnya.

Pihaknya meyakinkan masyarakat bahwa Tuhan akan selalu hadir kepada makhluknya yang berdoa dalam situasi kesulitan. Yaqut pun mengharap masyarakat agar menjadikan pandemi kali ini sebagai momen untuk memperbanyak berdoa, berzikir dan aktivitas rohani lainnya di rumah masing-masing.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar