Teknisi Beber Rahasia Maskapai: Hampir Semua Pesawat Ada Kerusakan Saat Terbang

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Selasa, 27 Oktober 2020 15:01
Teknisi Beber Rahasia Maskapai: Hampir Semua Pesawat Ada Kerusakan Saat Terbang
Kerusakan sudah diketahui dan pesawat masih dianggap layak terbang.

Dream - Bagi para pelancong, bepergian menggunakan pesawat menjadi salah satu opsi tercepat untuk sampai ke tempat tujuan. Waktu tempuh yang relatif singkat ditambah fasilitas selama penerbangan membuat moda transportasi ini jadi pilihan saat bepergian jauh.

Namun sepertinya semuanya akan berubah setelah mendengar kesaksian dari seorang netizen yang mengaku sebagai pekerja maskapai penerbangan. Ia membagikan rahasia penting mengenai penerbangan melalui aplikasi Reddit.

Sang pekerja menyebut bahwa sebagian besar pesawat mengalami kerusakan bagian saat terbang. Hal ini terjadi karena pesawat sangat besar dan memiliki banyak bagian yang semuanya perlu dirawat. Waktu untuk melakukan perbaikan tak cukup untuk mengejar jadwal selanjutnya. 

" Kecuali jika kamu sangat beruntung dan pesawat baru saja keluar dari hanggar setelah perawatan besar-besaran, pasti akan ada sesuatu yang rusak di dalamnya," ceritanya. 

 

1 dari 2 halaman

Pesawat Bisa Alami Kerusakan

" Sebuah pesawat yang mengalami kerusakan pada beberapa bagian masih diizinkan untuk terbang. Bagian yang rusak hanya diberi label, direkam, dan dimasukkan ke dalam daftar perbaikan untuk perawatan berikutnya," tambah sang petugas.

Melalui aplikasi Reddit, petugas sebuah maskapai penerbangan juga menyebut bahwa jika terjadi kerusakan besar, pihak maskapai akan segera melakukan perbaikan sebelum terbang. Hal inilah yang kerap membuat penerbangan sering tertunda.

" Jika masalah yang muncul berisiko mengancam nyawa, maka pesawat harus langsung diperbaiki sehingga penerbangan jadi tertunda,"

 

2 dari 2 halaman

Alasan Dibalik Pesawat Sering Delay

Pramugari Ini Memotret Kondisi Penerbangan di Tengah Kondisi Corona© MEN

Agar tak membuat para penumpang cemas, pihak maskapai biasanya akan memberikan alasan klasik terkait delay yang terjadi.

“ Ketika orang menanyakan alasan delay, kami biasanya memberikan tanggapan aman agar tak membuat penumpang takut. Misalnya seperti masalah teknis kecil, atau tekanan kabin tidak berfungsi," jelas petugas tersebut. 

Sebagai bagian dari prosedur penerbangan, para pramugari juga telah dilatih untuk membantu para penumpang dalam keadaan darurat.

“ Kami menjalani pelatihan selama 6 minggu berturut-turut. Dan hampir 98 persen pelatihan dimaksudkan untuk membantu para penumpang jika keadaan darurat terjadi," jelasnya.

(sah, Sumber: Daily Star)

Beri Komentar