Momen Jokowi Bagikan Bantuan Usaha Rp1,2 Juta di Malioboro Disambut Pedagang: Kurang

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 9 Oktober 2021 17:27
Momen Jokowi Bagikan Bantuan Usaha Rp1,2 Juta di Malioboro Disambut Pedagang: Kurang
Jokowi menyatakan akan ada 1 juta pedagang seluruh Indonesia menerima bantuan.

Dream - Presiden Joko Widodo hari ini menyempatkan diri berkunjung ke Malioboro, Yogyakarta. Dia menyapa para pedagang sekaligus menyalurkan bantuan modal usaha sebesar Rp1,2 juta.

" Diberikan bantuan sebesar Rp1.200.000, kurang ndak?" ujar Jokowi disiarkan Sekretariat Presiden.

Bantuan tersebut memang diterima para pedagang. Tetapi mereka memberikan jawaban yang tidak disangka.

" Kurang," jawab para pedagang kompak.

 

1 dari 5 halaman

Jokowi: Hitungan Kita Cukup

Meski demikian, Jokowi mengatakan besaran bantuan dari Pemerintah sudah cukup. Ke depan, akan ada 1 juta pedagang kali lima dan warung kecil di seluruh Indonesia mendapat bantuan Pemerintah yang akan disalurkan oleh TNI-Polri.

" Rp1.200.000 menurut hitungan kita cukup, dan dimulai pertama kali di kawasan Malioboro, Yogyakarta," kata Jokowi.

Perwakilan Komunitas PKL, Andong, dan Becak Malioboro, Rudi, bersyukur mendapat bantuan dari Pemerintah. Selain itu, dia berharap kedatangan Jokowi ke Malioboro bisa meyakinkan wisatawan untuk kembali mengunjungi Yogyakarta.

" Kunjungan Bapak Presiden di Kawasan Malioboro ini, kemudian membuka ruang bahwa Malioboro masih aman dikunjungi," kata dia.

© Dream
2 dari 5 halaman

Reaksi Jokowi dan Prabowo Lihat Anggota Komcad Unjuk Kebolehan, Tertegun Sampai Tepuk Tangan

Dream - Presiden Joko Widodo mengukuhkan 3.103 siswa Komponen Cadangan TNI TA 2021 di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 7 Oktober 2021 kemarin. Presiden hadir ditemani Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sejak awal kedatangan ke lapangan hingga duduk bersanding.

Dalam upacara pengukuhan tersebut, sejumlah atraksi ditampilkan oleh para siswa Komcad TNI. Demonstrasi kemampuan bela diri disuguhkan, seperti mematahkan hebel sebanyak 30 buah dalam satu pukulan, besi, jurus bertarung dan masih banyak lagi.

" Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Kamis 7 Oktober 2021, pembentukan Komponen Cadangan 2021, secara resmi saya nyatakan ditetapkan," kata Presiden Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Para Komcad juga memperlihatkan kemahiran mereka dalam menggunakan senjata dalam bertarung. Gerakan mereka selaras dan seirama, sontak membuat takjub.

" Dengan semangat dan kegigihan para komponen cadangan TNI yang dapat kita saksikan dari dukungan para pelatih yang membina," ujar sang pembawa acara.

3 dari 5 halaman

Aksi Unjuk Tenaga Dalam

Dalam upacara tersebut, terdapat aksi yang berhasil membuat Jokowi dan Prabowo terkejut. Seorang anggota TNI bernama Agung Cahyo Yuwono, mampu mengendalikan tenaga dalam untuk menarik mobil.

Siswa Komcad TNI© YouTube

Meski hanya mengandalkan bohlam panjang, kendaraan roda empat itu dapat bergerak maju dan tetap mempertahan kondisi lampu utuh.

Seketika Jokowi dan Prabowo bertepuk tangan, saling menatap hingga terlihat mengobrol serta tertawa bersama. Bahkan Prabowo tertawa sampai menepuk-nepuk paha.

© Dream
4 dari 5 halaman

Anggota Komcad Kunyah Lampu

Tak berhenti di situ, aksi sang anggota kembali menghebohkan. Setelah berhenti menarik mobil, ia mengambil lampu bohlam lalu dipecahkan dengan paha serta mengunyahnya.

Anggota Komcad TNI© YouTube

Sontak Jokowi tampak tertegun menggelengkan kepala, sementara Prabowo mengurai tawa. Keduanya lalu saling tatap dan berbicara sejenak.

" Kita beri tepuk tangan yang paling meriah," ujar kedua pembawa acara kala sang prajurit makan kaca bohlam.

" Demikianlah demonstrasi kemampuan bela diri yang telah dimiliki oleh Komponen Cadangan TNI. Kami siap membela ibu pertiwi," tandasnya.

5 dari 5 halaman

Berikut Videonya

© Dream
Beri Komentar