Kecuali Alasan Medis, MUI: Hukum Sengaja Ganti Jenis Kelamin Haram

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 13 Februari 2020 06:12
Kecuali Alasan Medis, MUI: Hukum Sengaja Ganti Jenis Kelamin Haram
Meski sudah mendapat penetapan pengadilan, secara syariat jenis kelamin seseorang yang mengubahnya secara sengaja takkan berubah.

Dream - Fenomena tentang transgender kembali muncul setelah polisi mengungkap identitas berbeda seorang selebgram yang tertangkap karena kasus Narkoba. Tersangka diduga transgender itu dilaporkan memiliki identitas jenis kelamin berbeda di KTP dan paspor.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni'am Sholeh, mengatakan hukum ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan maupun sebaliknya adalah haram.

" Mengubah alat kelamin dari pria menjadi wanita atau sebaliknya yang dilakukan dengan sengaja, misal dengan operasi kelamin, hukumnya haram," ujar Asrorun dalam keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 12 Februari 2020.

Asrorun menuturkan dokter atau pihak manapun yang membantu proses pergantian kelamin secara sengaja hukumnya haram. Bahkan, MUI juga mengharamkan pihak manapun turut menetapkan perubahan status jenis kelamin.

" Tidak memiliki implikasi hukum syar’i terkait pergantian tersebut," ucap dia.

1 dari 5 halaman

Kembali ke Kedudukan Awal

Secara syariat, kata Asrorun, status jenis kelamin seseorang yang berubah akan kembali kepada kedudukan awalnya sebelum operasi.

Jika pria berganti kelamin menjadi wanita, secara syariat tetap dihukumi sebagai pria. Demikian pula sebaliknya.

" Kedudukan hukum jenis kelamin orang yang telah melakukan operasi ganti kelamin adalah sama dengan jenis kelamin semula seperti belum dilakukan operasi ganti kelamin, mesti telah memperoleh penetapan pengadilan," kata dia.

 

2 dari 5 halaman

Dibolehkan Jika dengan Pertimbangan Kesehatan

Meski demikian, MUI membolehkan seseorang mengganti kelamin dengan pertimbangan medis dan kesehatan. Yaitu dengan tujuan menyempurnakan fungsi alat kelamin yang dominan.

" Menyempurnakan alat kelamin bagi seorang khantsa yang fungsi alat kelamin laki-lakinya lebih dominan atau sebaliknya, melalui proses operasi penyempurnaan alat kelamin, maka hukumnya diperbolehkan," kata dia.

 

3 dari 5 halaman

Perubahan Hukum Syar'i

Seseorang yang melakukan operasi kelamin karena faktor kesehatan akan terikat syariat sesuai dengan jenis kelamin yang berubah. Hal itu terjadi karena orang tersebut tidak mengubah jenis kelaminnya secara sengaja.

" Penetapan keabsahan status jenis kelamin akibat operasi penyempurnaan kelamin dibolehkan, sehingga memiliki implikasi hukum syar’i terkait penyempurnaan tersebut," kata Asrorun.

4 dari 5 halaman

Terkuak! Identitas Lucinta Luna di Paspor Tercatat Laki-Laki dan Inisial MF

Dream - Tertangkapnya Lucinta Luna akibat kepemilikan narkoba jenis ekstasi dan obat penenang membuka rahasia yang selama ini jadi tanda tanya publik. Identitas Lucinta, khususnya jenis kelaminnya, diungkap polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangan pers di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu, 12 Februari 2020 mengatakan tersangka berinisial LL menggunakan dua keterangan berbeda di dua kartu identitasnya

" LL ini public figure. Di dalam KTP-nya tertera yang bersangkutan ini perempuan," kata Yusri.

Namun identitas berbeda dibuat Lucinta Luna untuk paspornya. Di dokumen untuk bepergian ke luar negeri itu, Lucinta menuliskan keterangan jenis kelamin sebagai laki-laki.

" Paspornya laki-laki," kata dia lagi.

 

5 dari 5 halaman

Nama Inisial Lucinta Luna

Selain soal jenis kelaminya, polisi juga mengungkapkan nama lain dari Lucinta Luna yang selama ini juga jadi perdebatan publik.

Memberikan keterangan dengan menggunakan inisial, Yunus mengatakan LL memiliki nama alias AP dan MF.

" Inisial LL alias AP alias MF," ujar dia.

Untuk diketahui selama ini santer beredar jika nama asli Lucinta Luna adalah Muhamamad Fatah. Setelah melakukan operasi ganti kelamin, Muhammad Fatah mengganti namanya menjadi Ayluna Putri dan kini tersohor dengan nama Lucinta Luna.(Sah)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis