Pemda Diberi Otoritas Lakukan Mitigasi Penanganan Covid-19

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 19 Mei 2021 18:01
Pemda Diberi Otoritas Lakukan Mitigasi Penanganan Covid-19
Sesuai dengan karakter geografis dan sosial kemasyarakatan serta budaya yang dimiliki.

Dream – Satgas Penanganan Covid-19 memberikan otoritas kepada pemerintah daerah untuk melakukan mitigasi sesuai geografis dan sosial kemasyarakatan di wilayah masing-masing.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan dalam upaya penanganan Covid-19, setiap daerah diberi otoritas untuk melakukan langkah mitigasi. Langkah tersebut harus disesuaikan engan karakter geografis dan sosial kemasyarakatan serta budaya yang dimiliki.

Menurutnya hal ini tidak terlepas dari keunikan dari setiap daerah dalam upaya menanggulangi penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing.

“ Oleh karena itu saya meminta kepada satgas dan pemda untuk menjalankan kewenangan ini dengan baik sehingga kasus covid di daerah bisa ditekan,” kata Wiku di gedung Graha BNPB Jakarta, Selasa 18 Mei 2021 kemarin.

1 dari 3 halaman

Skenario Pengendalian Zonasi

Selain itu, masyarakat juga berperan untuk mendukung upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Caranya dengan mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan dan menjalankan skenario pengendalian sesuai zonasi di wilayah RT masing-masing.

Menurut Wiku, inti dari setiap peraturan yang dibuat pemerintah adalah untuk melindungi masyarakat dari penularan virus corona penyebab covid-19.

“ Pada esensinya setiap peraturan yang ditetapkan bertujuan untuk melidungi masyarakat dari penularan covid-19. Kepatuhan masyarakat kepada peraturan merupakan bentuk kontribusi yang penting terhadap pengendalian covid yang dilakukan pemerintah,” kata Wiku.

2 dari 3 halaman

Desentralisasi Pemerintah Daerah

Ilustrasi© Liputan6.com

Sementara itu penanganan covid-19 di Indonesia dengan kondisi kepulauan dan jumlah penduduk yang lumayan besar ini memerlukan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menanggulanginya.

Seperti dijelaskan oleh Satgas, pemerintah daerah disebut sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. Selain itu juga memiliki peran strategis untuk menanggulangi penyebaran covid di daerah masing-masing.

“ Melalui desentraslisasi dan otonomi daerah ini, pemerintah daerah berperan penting dalam penanganan Covid. Pemerintah daerah adalah bagian dari satgas di daerah,” ujarnya saat keterangan pers di Media Center Graha BNPB, Jakarta.

3 dari 3 halaman

Penambahan Kasus Positif Covid-19

Telah diketahui, per 17 Mei 2021 penambahan kasus positif melalui metode pemeriksaan RT-PCR/TCM dan rapid antigen bertambah sebanyak 4.295 kasus.

“ Update perkembangan kasus harian 17 Mei 2021 dimana terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.295,” jelas Prof Wiku Adisasmito.

Dengan jumlah kumulatifnya, atau pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga 17 Mei mencapai 1.744.045 kasus.

Sementara kasus pasien meninggal per 17 Mei juga bertambah sebanyak 212 kasus dan kumulatifnya mencapai 48.305 kasus atau persentasenya di angka 2,8% dari pasien terkonfirmasi positif. (mut)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar