Pendaki Terkejut Gunung yang Didaki Meletus di Depan Mata

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 14 September 2016 06:43
Pendaki Terkejut Gunung yang Didaki Meletus di Depan Mata
Ketika sedang mendaki, mereka melihat gunung yang terkenal di pulau itu, Piton de la Fournaise, menunjukkan beberapa aktivitas yang tidak biasa.

Dream - Para pendaki dibuat tertegun ketika menyaksikan luberan lava segar nan panas menyeruak keluar dari bawah tanah yang jaraknya hanya beberapa meter dari mereka.

Letupan lava tiba-tiba itu segera ditangkap dengan kamera oleh sekelompok wisatawan Perancis yang terpesona Pulau Reunion di Samudra India.

Ketika sedang mendaki, mereka melihat gunung yang terkenal di pulau itu, Piton de la Fournaise, menunjukkan beberapa aktivitas yang tidak biasa. Karena itulah para wisatawan itu langsung mencabut ponsel mereka untuk mengabadikan momen langka itu.

Direkam oleh Clara Zanardo Lauer dan diposting di Instagram nya, video tersebut menunjukkan lava yang luar biasa itu menyembur ke atas hingga membuat langit malam yang gelap bercahaya.

Alangkah terkejutnya para pendaki ini. Saat mereka mulai mendaki ternyata.....

1 dari 2 halaman

Takkan PernahMelihatnya Lagi

" Ini ajaib. Kami sudah di sini sejak 08:30 pagi dan menyaksikan gunung itu dengan perasaan luar biasa. Tapi letupan lava seperti itu benar-benar tak terduga. Kami belum pernah melihat ini sebelumnya, dan mungkin aku tidak akan pernah melihatnya lagi," kata salah seorang rombongan wisatawan itu.

Sementara yang lain menimpali, " Kami melihat awan asap yang mulai naik ke atas, dan kemudian ledakan kecil terjadi sebelum lava menyembur ke atas."

Gunung dengan ketinggian sekitar 2.632 meter itu adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Meski Gunung Piton de la Fournaise bisa mengancam jiwa, tapi tak menyurutkan ribuan wisatawan untuk datang berkunjung setiap tahunnya.

Piton de la Fournaise secara harfiah berarti 'puncak tungku', dan gunung ini meletus rata-rata sekali setiap sembilan bulan.

 

2 dari 2 halaman

Ada Gunung Lain

Selain de la Fournaise, Pulau Reunion juga memiliki Gunung Piton des Neiges - yang berarti 'puncak salju'. Ini juga gunung berapi aktif yang mencapai ketinggian 3.069 meter.

Letusan de la Fournaise dilaporkan tidak menimbulkan ancaman bagi penduduk pulau yang berjumlah 844.994 jiwa. Meski demikian, pemerintah menutup beberapa jalur hiking karena ancaman gas beracun dan awan panas.

Piton de la Fournaise kadang-kadang dianggap sebagai saudaranya gunung berapi di Hawaii karena kesamaan iklim dan alam vulkaniknya.

Gunung ini telah meletus lebih dari 100 kali sejak 1640 dan berada di bawah pengawasan yang ketat.

(Sumber: mirror.co.uk)

Beri Komentar