Penjelasan JIEXPO Soal Komidi Putar Rusak

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 13 Juni 2019 11:03
Penjelasan JIEXPO Soal Komidi Putar Rusak
Insiden terjadi karena mesin mati mendadak.

Dream - Penyelenggaraan event Pekan Raya Jakarta tahun ini sempat diwarnai insiden. Wahana permainan komidi putar mengalami kerusakan pada Senin, 10 Juni 2019 dan menyebabkan beberapa pengunjung mengalami luka ringan. 

Manajemen PT Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta akhirnya memberikan penjelasan mengenai insiden itu. 

Marketing Director PT JI-Expo, Ralph Scheunemann, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

" Memang ada empat orang yang sedang bermain di wahana itu, mereka mengalami luka lecet ringan dan sudah langsung ditangani petugas P3K," ujar Ralph dalam konferensi pada Rabu 12 Juni 2019 malam.

Menurut Ralph, kecelakaan terjadi karena mesin mati mendadak. Akibatnya, putaran tidak stabil dan komidi putra menabrak pagar pembatas. " Hal itu yang menyebabkan wahana menjadi miring," ucap dia. (ism) 

 

1 dari 3 halaman

Beroperasi Sesuai SOP

Setelah peristiwa itu, pengelola langsung melakukan perbaikan pada wahana keesokan harinya. Setelah selesai diperbaiki, tim safety kembali mengecek kelayakan wahana.

" Saat ini wahana itu sudah aman, terkait kejadian ini juga kita bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam hal ini dengan pihak Polsek Kemayoran," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pengelola Wahana Permainan, Welly Wijaya, menuturkan komidi putar yang rusak itu beroperasi seusai standar operasional prosedur (SOP).

" Wahana itu beroperasi sudah sesuai SOP semuanya, namun kejadian ini di luar dugaan kita," ujar Welly.

2 dari 3 halaman

Ini Penyebab Rusaknya Komidi Putar di PRJ

Dream - Aparat kepolisian sudah memeriksa penyebab awal kerusakan komidi putar yang berada di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, penyebab komidi putar roboh karena tidak kuat menahan beban.

" Penyebabnya mengalami kerusakan pada permainan itu akibat tidak kuatnya besi pengangkat beban muatan penumpang," ujar Harry, Rabu, 12 Juni 2019.

Robohnya komidi putar di kawasan PRJ terjadi pada Senin, 10 Juni 2019. Saat itu, ada beberapa pengunjung yang mengalami luka-luka akibat peristiwa ini

Kapolsek Kemayoran, Kompol Syaiful Anwar menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. " Korban luka ringan saja, sudah diobati kemarin," ucap dia. (ism)

 

3 dari 3 halaman

Komidi Putar di PRJ Rusak, 4 Luka Ringan

Dream - Wahana komidi Putar yang berada di dalam Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat roboh. Polisi menyebut empat orang luka-luka akibat peristiwa itu.

" Kejadiannya Senin malam (10 Juni 2019)," ujar Kapolsek Kemayoran, Kompol Syaiful Anwar, kepada Dream, Rabu, 12 Juni 2019.

Beruntung, kerusakan yang terjadi, tidak menimbulkan korban jiwa. Syaiful mengatakan, korban hanya menderita luka lecet dan sudah mendapat perawatan.

" Korban luka ringan saja, sudah diobati kemarin," ucap dia.

Saat ini, aparat kepolisian masih memeriksa lokasi dan juga meminta keterangan sejumlah saksi yang berada di lokasi.

" Kami mau periksa penanggung jawab mainan," kata dia.

Beri Komentar
Summer Style 2019