SPG
Dream - Para Sales Promotion Girl (SPG) di showroom sapi kurban milik Haji Doni tak hanya membetot perhatian masyarakat di Tanah Air. Aksi mereka ternayata juga menarik perhatian dunia.
Cara unik penjualan sapi dengan mengunakan SPG itu dimuat sejumlah media luar negeri, salah satunya laman laman Saudi Gazette. " Showroom sapi menerapkan cara unik menjual ternak untuk Idul Adha dengan mempekerjakan SPG untuk menarik pelanggan," demikian tulis laman Saudi Gazette, Rabu 1 Oktober 2014.
Dalam berita yang dikutip dari Reuters itu, Saudi Gazette juga menuliskan bahwa cara unik ini mampu meningkatkan jumlah penjualan hewan di Showroom milik Haji Doni. Penjualan hewan yang terletak di Depok, Jawa Barat, tersebut.
" Menurut pemilik showroom, cara ini telah meningkatkan penjualan sejak mereka mulai mempekerjakan SPG tiga tahun lalu, dengan menjual 400 ternak pada tahun 2012, 440 pada 2013, dan 510 tahun ini."
Kepada Dream.co.id, Haji Doni mengatakan gagasan menyewa para wanita cantik itu dilakukan setelah berkunjung ke sejumlah negara, seperti Jerman, Australia, dan Selandia Baru.
Di sejumlah negara itu dia menyaksikan sejumlah perempuan bekerja mengurusi hewan ternak. Jumlah hewan yang dikelola juga banyak. Dari 500 hingga seribu ekor.
" Dari situ muncul ide untuk melahirkan konsep yang sama. Jadi, akhirnya saya terapkan konsep tersebut di Mall Hewan Qurban,“ tutur Haji Doni. Penyewa jasa para perempuan cantik itu dimulai tahun 2004.
Hasilnya sangat signifikan. Hanya dalam setahun, Haji Doni mampu menjual 1.250 ekor sapi. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya mampu menjual 125 ekor. Lalu, pada tahun 2008, dia mulai menggunakan jasa SPG, yang notabene merupakan karyawannya di showroom mobil. Hasilnya pun cukup mencengangkan, penjualan sapi Haji Doni mencapai 2.000 ekor pada awal penggunaan jasa para SPG itu.
Saban hari ada 20 staf Haji Doni yang akan membantu melayani para konsumen. Dan ada empat perempuan cantik diantara para pelayan pria. Mereka siap melayani dan memberikan informasi detil mengenai sapi-sapi ‘montok’ yang dipasarkan. Sebenarnya mereka bukan SPG tapi karyawan Haji Doni di showroom mobilnya. “ Hanya saja saya biarkan. Silahkan saja kalau media mau menganggap mereka sebagai SPG," ujarnya.
Haji Doni terus melakukan inovasi dalam metode penjualan. Saban hari kostum para SPG itu mengusung tema tertentu. Konsep mal yang diusung membuat keempat wanita cantik yang berjaga di sana bersolek dan mengenakan kostum yang tahun ini mengusung tema ‘Arabian Look’. Pada tahun sebelumnya, SPG ini menggunakan kostum bertema cowboy. (Ism)
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia
10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu
KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Tampil Cantik di Dream Day Ramadan Fest Bersama Beauty Class VIVA Cosmetics
Potret Luna Maya dan Cinta Laura Jadi Artis Bollywood, Hits Banget!
Cara Cek Penerima Bansos BLT Oktober-November 2025 Rp900 Ribu
Diterpa Isu Cerai, Ini Perjalanan Cinta Raisa dan Hamish Daud
AMSI Ungkap Ancaman Besar Artificial Intelligence Pada Eksistensi Media