Temuan Polisi Soal Kabar Pemuda Cekoki Kucing Minuman Keras Sampai Mati

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 18 Oktober 2019 16:30
Temuan Polisi Soal Kabar Pemuda Cekoki Kucing Minuman Keras Sampai Mati
Polda Jatim menyatakan kucing tersebut bukan mati karena minuman keras berjenis ciu melainkan akibat....

Dream - Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera membantah kabar yang menyebutkan seekor kucing anggora mati setelah dicekoki minuman alkohol jenis ciu oleh seorang mahasiswa.

Dari hasil penelusuran polisi di Desa Dukuh, Kecamatan Gondang, Tulungagung, kucing tersebut mati diduga akibat memakan tikus yang sudah terpapar racun. 

" Berdasarkan laporan dari Polres Tulungagung video viral di medsos tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya," kata Barung, dilaporkan Liputan6.com, Jumat, 18 Oktober 2019.

Barung menceritakan, peristiwa bermula ketika pemuda berinisial AA dan temannya, Ade Prio, pergi ke rumah rekannya, Andra di Desa Dukuh.

Saat tiba di rumahnya, mereka melihat Andra sedang bermain bersama kucing kesayanganya.

1 dari 6 halaman

Karena Tikus?

Saat bermain, kucing tersebut mendadak muntah-muntah. Kala itulah salah seorang di antara mereka menyarankan agar kucing itu diberi air kelapa muda.

" Akan tetapi usai diminumi air kelapa muda kucing tidak kunjung sembuh, kemudian kucing kejang terus mati. Akhirnya kucing dikuburkan," kata dia.

Polisi menduga kucing keracunan setelah memakan bangkai tikus. Peristiwa itu direkam dan diunggah Azam ke medsos pada Rabu, 17 Oktober 2019.

Mengapa disebut dicekoki minuman ciu?

Terkait informasi dalam video yang menyebutkan kucing mati akibat diberi minum ciu, Barung menjelaskan jika hal tersebut terjadi keisengan Azam yang sengaja membuat keterangan tersebut di unggahannya.

" Perlu diketahui bahwa apa yang ditulis Azam tidak sesuai yang terjadi dan dilakukan hanya untuk iseng," kata Barung.

Penyidik Polsek Gondang, Tulungagung telah mengambil bangkai kucing dan tikus untuk keperluan penyelidikan. Polisi juga telah memeriksa empat orang saksi terkait kasus tersebut.(Sah)

2 dari 6 halaman

Pria yang Cekoki Miras ke Kucing Ternyata Mahasiswa PTN di DIY

Dream - Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencari pelaku yang mencekoki minuman keras ke seekor kucing. Dalam unggahannya di Twitter, Polda DIY pembuat konten video itu yaitu akun Instagram @azzam_cancel.

" Dari keterangan itu diketahui bahwa Sdr AAH tinggal di salah satu cafe di kawasan Kalasan," tulis Polda DIY.

Polda DIY yang berkoordinasi dengan Polsek Kalasan. Dari pengembangan, Tim Polsek Kalasan menyebut AAH berasal dari Tulungagung, Jawa Timur.

" Dan mahasiswa di salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Jogja. Saat Tim Polsek Kalasan mendatangi cafe itu, sejak kemarin (Rabu, 16 Oktober) Sdr. AAH sedang pulang ke Tulungagung," tulis Polda DIY.

Penganiayaan terhadap hewan diatur dalam pasal 302 KUHP. Di pasal tersebut dijelaskan mengenai orang yang menganiaya hewan dan menyebabkan luka, cacat, hingga mati bisa diancam pidana penjara.

" Paling lama sembilan bulan, atau pidana denda paling banyak tiga ratus rupiah."

Peraturan mengenai kesejahteraan hewan juga diatur dalam pasal 92 Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan. Terdapat butir mengenai aturan pemeliharaan hewan dengan baik.

3 dari 6 halaman

Viral Pemuda Iseng Cekoki Kucing Anggora Minuman Keras Sampai Mati

Dream - Kecaman dan makian segera menghampiri seorang pemuda yang menggunakan akun Instagram @azzam_cancel. Pemuda itu mencekoki kucing anggora dengan minuman keras berjenis ciu.

Aksi menyakiti hewan itu lalu direkam dan dibagikan di Instagram Stories miliknya. Pengguna Twitter @jmesbryant mengunggah rekaman Instagram Stories itu dan membagikannya ke khalayak, Kamis, 17 Oktober 2019.

Video pertama itu menggambarkan bagaimana kucing itu basah akibat minuman keras. Kucing itu terus dicekoki minuman keras yang diletakkan dalam gelas.

Azzam menulis di video itu," Percobaan ciu terhadap kucing anggora," kata dia.

4 dari 6 halaman

Ciu ke Kucing Anggora

 Percobaan ciu pada kucing anggora

Percobaan ciu pada kucing anggora

Kucing tersebut tampak kepayahan. Azzam mengunggah video kedua dengan tulisan `Setelah dua jam empedu bekerja kerasa mengeluarkan racun. Membuat tubuh si anggora bergetar`.

Dalam video yang dibagikan memang terlihat kucing tersebut bergetar hebat. Kucing mengalami kejang-kejang dan bertingkah bak zombie.

Video ketiga yang dia unggah menunjukkan reaksi tubuh kucing menerima alkohol yang masuk ke tubuh. Kucing itu masih kejang-kejang tak karuan.

5 dari 6 halaman

Balas Dendam

" 50 % ciu bekonang sudah masuk dalam darah. Merusak sebagian sistem saraf dalam otak. Otak tidak mampu memberikan instruksi kepada organ tubuh. Sehingga pandangan kabur dan kesadaran mengurang," tulis Azzam.

Tapi, meski dalam kondisi kejang-kejang, Azzam masih memberikan minuman alkohol ke kucing itu.

Kucing itu kemudian tak bisa bergerak. Tubuhnya terkapar di tanah. Si kucing akhirnya mati.

" Terima kasih karenamu aku dapat membuat status ini," ujar dia.

 

6 dari 6 halaman

Animal Defender Bergerak

 Animal Defender

Pemilik perlindungan hewan Animal Defender, Doni Herdaru Tona segera bereaksi atas unggahan itu. " Kami tidak akan mengampuni dan berdamai dalam kasus ini. Yang bersangkutan silakan siapkan pengacara," ujar Doni.

Doni menyebut akan bertempur sampai titik darah penghabisan atas kasus ini.

" Kita bertemu segera ki sanak," kata dia.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan