Viral Jual Durian Tak Pernah Sentuh Tanah Rp1,7 Juta, Pak Menteri Ngebet Beli

Reporter : Ulyaeni Maulida
Sabtu, 24 Juli 2021 15:02
Viral Jual Durian Tak Pernah Sentuh Tanah Rp1,7 Juta, Pak Menteri Ngebet Beli
Tak sedikit warganet yang merasa terhibur dengan alasannya menjual durian tersebut.

Dream - Seorang pria yang berasal dari malaysia viral di media sosial. Setelah ia menawarkan sebuah durian dengan harga yang fantastis. Menurutnya, durian itu merupakan buah istimewa lantaran tidak pernah menyentuh tanah.

Pria bernama Wan Mahussin Wan Zain itu, menjual durian tersebut seharga 500 ringgit atau setara dengan Rp1,7 juta.

Alasan dibalik harga fantastis durian itu pun justru membuat warganet merasa terhibur. Pasalnya, dalam unggahan foto yang ia bagikan terlihat buah durian berukuran cukup besar berada tepat diatas mobilnya.

Mobil itu pun terlihat dalam kondisi rusak. Karena kaca bagian belakangnya pecah akibat dijatuhi durian. Lubang besar pun menghiasi kaca mobil tersebut.  

" Durian itu dari pohon yang ada di depan rumah saya dan kami biasanya memiliki jaring untuk menangkapnya sebelum menyentuh tanah. Namun, durian ini mungkin jatuh melalui celah kecil dan malah mendarat di mobil saya," ungkap pria yang berasal dari Shah Alam, Selangor tersebut.

1 dari 7 halaman

Menjual Durian Dengan Harga Fantastis

Video Viral© Foto: facebook/Wan Mahussin Wan Zain

Akibat insiden tersebut, Mahussin merasa sangat kesal. Terlebih biaya perbaikan kaca belakang mobilnya mencapai Rp1,7 juta.

" Saya memutuskan untuk membuat video di mana saya menawarkan durian seharga Rp 1,7 juta hanya untuk bersenang-senang, sebagai cara untuk membuat diri saya merasa lebih baik. Saya mengunggah video itu ke grup Facebook tempat para petani kecil setempat biasanya berkumpul untuk membicarakan hasil bumi," lanjutnya kembali.

Video itu pun viral di media sosial. Banyak pula warganet yang memberikan beragam komentar melihat unggahan video tersebut.

" Saya mendapat banyak reaksi yang berbeda. Beberapa mengatakan itu bagus karena saya tidak pernah kehilangan ketenangan, sementara beberapa orang juga marah kepada saya karena mereka tidak menonton videonya secara lengkap. Kemudian mereka meminta maaf dan mengatakan bahwa video itu membuat mereka tertawa,” ujarnya.

2 dari 7 halaman

Mendapat Bantuan dari Menteri

Kejadian itu juga menarik perhatian Menteri Sumber Daya Manusia, M. Saravanan. Ia lantas menghubungi Mahussin dan berniat membeli durian tersebut.

" Saya mendapat telepon dari Menteri. Ia mengatakan sangat ingin membeli durian untuk mencobanya. Tapi saya mengatakan kepadanya bahwa durian tersebut sudah dimakan oleh keluarganya dan tidak berniat untuk menjualnya,” ungkapnya.

Mahussin menambahkan jika Menteri telah menawarkan untuk mengirimkan uang sebagai bantuan untuk menanggung biaya perbaikan mobilnya.

" Ia mengirim lebih dari yang saya butuhkan. Saya menggunakan sisa uang tersebut untuk membantu orang-orang melalui inisiatif Dapur Lockdown sehingga saya bisa memberi makan orang yang membutuhkan di daerah saya," ujar Mahussin.

Tak hanya itu, ia juga mendapatkan ucapan selamat lantaran telah membuat durian kampunh lebih diminati dari pada durian dengan harga yang lebih mahal.

(Sumber: straitstimes.com)

3 dari 7 halaman

Pesan Kue Durian Secara Online, yang Datang Sungguh Mengejutkan

Dream - Sudah banyak kasus pelanggan kecewa dan merasa ditipu saat berbelanja online.

Memang tak benar-benar menipu, tetapi beberapa website menampilkan foto produk yang terlihat lebih menggiurkan dari tampilan asli.

Apalagi soal makanan. Saat sampai di rumah seringkali pembeli mendapat panganan yang dipesan tak sesuai ekspetasi. Beda dengan yang terlihat di situs belanja.

Seperti yang dialami jane, wanita asal Singapura yang saja saja mengalami pegalaman buruk itu. Bahkan tak hanya di luar ekspetasi, kue yang ia pesan sama sekali berbeda bahkan terlihat menjijikan.

4 dari 7 halaman

Dikutip dari World Of Buzz, Selasa 25 Juni 2019, Jane memesan kue durian 3D untuk merayakan ulang tahun ke-70 sang ibu.

Kue Durian© dream.co.id

Namun saat pesanan tu sampai,dia sangat kaget dengan kue durian yang diterimanya. Bukan butter cream kue yang cantik menyerupai durian, ia malah mendapat kue hancur dengan pasta hijau yang juga berserakan.

Kekecewaan Jane pun tak terelakkan lagi. Apalagi ia harus membayar kue tersebut dengan biaya yang tak sedikit, yakni SGD 188 atau sekitar Rp 1,9 juta.

5 dari 7 halaman


Durian© dream.co.id

Ia pun menceritakan bahwa sang ibu yang berulangtahun sangat menginginkan kue itu di hari spesialnya.

Namun harapan itu pun kandas lantaran petugas pengiriman yang kurang hati-hati saat membawa kue, membuat tampilan kue itu jadi menyeramkan.

Jane pun khawatir acara ulang tahun sang ibu harus 'rusak' karena kue ini. Ia melayangkan keluhan pada Lazada.

Beruntung pihak market place itu merespons positf dan mengembalikan uang pembelian kue Jane secara penuh. Ia juga mendapat tambahan SGD 10 untuk hal ini.

Merasa belum puas, Jane juga mengirimkan surat elektronik ke petinggi grup Group Head of Supermarket at Lazada Group. Ia menceritakan kronologis hal ini dengan kalimat penutup, " Terima kasih sudah merusak momen ulang tahun ibu saya. Saya tidak tahu bagaimana Anda akan memperbaiki hal ini. Tapi sesuatu perlu dibereskan."

Mengingat keluhannya belum dibalas, Jane membeli kue lain pada sore harinya. Padahal tak lama berselang, Lazada membalas keluhan Jane dan menawarkan pembelian cake durian baru. Hanya saja Jane masih kecewa hingga membalas, " Itu bukan kue yang sama."

Pada akhirnya pihak Lazada tetap mengirimi kue pengganti, tepat saat makan malam ulang tahun ibunda Jane. Mereka menulis, " Kami mengetahui insiden tersebut dan telah menghubungi pelanggan untuk menyeleasaikan masalah. Kami menyesal ia mengalami hal buruk, dan kue pengganti telah dikirimkan tepat waktu untuk perayaan itu. Kami mengucapkan selamat ulang tahun ke-70 untuk ibunya."

6 dari 7 halaman

Fakta Buah Durian yang Laku Rp683 Juta

Dream – Sebuah durian laku dengan harga sangat mahal di suatu pelelangan di Thailand. Harganya menembus 1,5 juta baht, atau sekitar Rp683 juta.

Dikutip dari Next Shark, Selasa 11 Juni 2019, durian itu merupakan varietas Kanyao. Buah dengan kulit berduri ini dilelang saat Festival King of Durian. Buah yang satu ini memikat para orang tajir.

Durian ini memiliki delapan biji dan berwarna merah atau emas pada dagingnya.

Durian tersebut dilepas dengan harga minimal 20 ribu baht, sekitar Rp9 juta. Buah itu dipetik dari pertanian Pa Toi Lung Mu sehari sebelum dilelang.

Durian spesies lainnya, seperti Monthong dan Kop Med Tao juga tak kalah mahal. Dua jenis ini laku senilai 300 ribu baht, atau sekitar Rp136 juta.

Durian kanyao ini terkenal akan rasanya yang manis dan teksturnya yang creamy.Buah itu berasal dari Nonthaburi, Thailand.

Pada 2011, banjir bandang menyapu perkebunan durian di provinsi tersebut. Agar jenis ini terselamatkan, durian itu ditanam di provinsi-provinsi lainnya.

Dikatakan bahwa beberapa pertanian membatasi produksi durian kanyao sebanyak 3-4 buah per pohon. Tujuannya agar kandungan gula dan nutrisinya terjaga.

7 dari 7 halaman

Pemilik pertanian Maliwan, Han Chai Thai, mengatakan durian kanyao adalah buah yang spesial. Dia jua tak menyangkan varietas satu ini bisa terjual dengan harga sangat mahal.

“ Saya memperkirakan laku 1 juta baht (Rp455,44 juta). Kalau laku di atas (harga), itu sangat bagus,” kata Han Chai Thai.

Pria ini berharap penawar tertinggi bisa menikmati buah durian. “ Varietas ini merupakan yang terlezat di dunia dan kami akan tetap menumbuhkannya,” kata Han Chai Thai.

Yang menjadi penawar tertinggi di pelelangan durian adalah seorang pengusaha lokal. Harian South China Morning Post mengatakan pemenang memuji durian kanyao sebagai buah yang memiliki bentuk dan ukuran yang sempurna.

Aksi lelang itu mengumpulkan dana 4,5 juta baht (Rp2,08 miliar) yang akan dikembalikan kepada para petani. Sebagian kecil akan disumbangkan sebagai sedekah untuk membeli peralatan medis rumah sakit-rumah sakit.

Beri Komentar