Surat `Perpisahan Sementara` PSI Akui Kekalahan di Pemilu 2019

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 17 April 2019 20:32
Surat `Perpisahan Sementara` PSI Akui Kekalahan di Pemilu 2019
Keluar arena pertandingan dengan kepala tegak.

Dream - Hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2019 terus berlangsung. Berdasarkan Badan Litbang Kompas, jumlah suara yang masuk untuk pemilihan partai legislatif 2019, saat berita ini ditulis, mencapai 66,15 persen.

Dari data tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapatkan sekitar 2,07 persen suara. Di bawah ambang batas parelemen atau electoral threshold sebesar 4 persen.

Melalui Twitter pribadinya, politisi PSI, Andy Budiman, mengunggah foto esai kekalahan PSI. Dalam dua lembar kertas HVS itu, tertulis nama Ketua Umum PSI, Grace Natalie.

" Kami keluar arena pertandingan dengan kepala tegak. We shall return," tulis Andy, Rabu, 17 April 2019.

Esai itu berjudul Setelah Kami Kalah. Meski akan tetap menunggu hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), Grace menulis berdasarkan hasil quick count, PSI mendapatkan 2 persen. Dengan perolehan itu PSI tidak akan berada di Senayan lima tahun mendatang. 

" Kami telah berjuang dengan apa yang kami bisa. Tidak, kami tak akan menyalahkan siapa-siapa. Kader kami, pengurus PSI, caleg kami, telah bekerja keras siang dan malam meyakinkan rakyat. Tapi inilah keputusan rakyat melalui mekanisme demokrasi yang harus kami terima dan hormati," kata Grace.

1 dari 1 halaman

We Shall Return, Soon!

Grace mengatakan, tidak ada penyesalan atas hasil perolehan suara yang didapat PSI. Dia meminta kawan-kawan pengurus dan Caleg tidak putus asa.

" Meskipun kandas melewati parliamentary threshold di level nasional, tapi saya yakin bahwa akan banyak kawan-kawan yang berpeluang mendapat kursi di DPRD provinsi dan kabupaten kota. Ini adalah modal politik yang harus kita kawal," ucap dia.

Grace berjanji akan mengawal sekitar 3 juta suara yang diberikan. Meskipun PSI tidak masuk parlemen, mantan presenter media televisi itu berjanji akan memperjuangkan suara itu.

" Saya ucapkan terima kasih kepada sekitar tiga juta rakyat Indonesia yang telah mempercayai PSI. Kita akan terus memperjuangkan nilai-nilai yang kita yakini. Terima kasih juga kepada puluhan donatur yang telah menyisihkan dana untuk membantu partai ini bergerak," ujar dia.

Grace menyebut, akan kembali masyarakat. Tidak dalam waktu lima tahun mendatang, namun esok.

" We shall return, soon! (Kita akan kembali, segera!) " ucap dia berjanji.(Sah)

Beri Komentar