Selandia Baru Rayakan Bebas Covid, 50 Ribu Penonton Konser Hadir Tanpa Masker

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 29 April 2021 16:30
Selandia Baru Rayakan Bebas Covid, 50 Ribu Penonton Konser Hadir Tanpa Masker
Konser tersebut seperti menandakan keberhasilan negara itu dalam mengendalikan pandemi Covid-19

Dream - Lebih dari 50 ribu orang di Selandia Baru datang ke stadion Eden Park untuk menonton konser band rock Six60. Tanpa masker dan jaga jarak, warga di benua paling selatan Bumi ini menikmati pertunjukan musik tersebut.

Konser pada Sabtu lalu itu menjadi pertanda keberhasilan Selandia Baru mengendalikan pandemi Covid-19. Negara tersebut diketahui langsung menutup perbatasan serta menjalankan upaya tes dan pelacakan secara rutin.

" Kota kami menunjukkan kepada dunia pada pekan ini bahwa di tengah pandemi global, kami bisa hidup mendekati normal di Auckland," kata Walikota Auckland Phil Goff dikutip dari The Independet, Kamis 29 April 2021.

1 dari 3 halaman

Musisi Sempat Pupus Harapan Bisa Konser Lagi

Dalam pertunjukkan tersebut, Six60 memberikan penghormatan bagi musisi militer dan mengundang penampil Maori untuk bergabung di atas panggung. Mereka lalu memainkan lagu dalam bahasa daerah setempat.

Matiu Walters, vokalis Six60 mengatakan lockdown yang diterapkan beberapa waktu yang lalu menyebalkan. Mereka juga mengaku tidak tahu apakah bisa tampil kembali.

" Namun kami beruntung, karena beberapa alasan, di sini, di Selandia Baru," kata Walters seperti mengutip New York Post.

2 dari 3 halaman

Rasanya Bagaikan Mimpi

Lucy Clumpas, salah seorang penonton dalam pertunjukan itu mengatakan bahwa bisa hadir di konser tersebut terasa seperti mimpi.

" Sangat penting bagi kita sebagai manusia untuk bisa berkumpul dan menyanyikan lagu yang sama bersama-sama," katanya.

" Ini membuat kami merasa seperti bagian dari sesuatu."

3 dari 3 halaman

Kasus Covid Terendah di Dunia

Mengutip New York Times, penonton yang hadir kebanyakan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak. Namun, mereka diimbau untuk memindai sistem pelacakan nasional, serta disediakan pembersih tangan di banyak lokasi.

Mereka juga diminta menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes negatif virus corona.

Tiket untuk acara ini habis terjual hanya dalam beberapa pekan. Pertunjukan ini sendiri menjadi acara musik pertama yang diizinkan di Eden Park.

Sejauh ini, angka kematian akibat Covid-19 di Selandia Baru terbilang rendah yaitu 26 orang. Menurut NY Times, kurang dari 3 persen dari populasi di negara itu juga telah menerima satu dosis vaksin.

(Sah, Sumber: liputan6.com)

Beri Komentar