Satgas Covid-19: Mobilitas Masyarakat Saat Ini Seperti Kondisi Jelang Gelombang ke-2

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 19 November 2021 10:00
Satgas Covid-19: Mobilitas Masyarakat Saat Ini Seperti Kondisi Jelang Gelombang ke-2
Peningkatan mobilitas penduduk saat ini sudah hampir sama dengan yang terjadi pada periode libur Idul Fitri 2021 lalu.

Dream - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa mobilitas masyarakat saat ini terus mengalami peningkatan. Mobilitas saat ini bahkan hampir sama dengan kondisi sebelum terjadi gelombang ge dua Covid-19 pada Juli lalu.

" Peningkatan terjadi setidaknya pada lima titik, yaitu pusat belanja, retail dan rekreasi, ruang terbuka publik atau taman, perkantoran, dan lokasi transit," kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis 18 November 2021.

Dia menambahkan, mobilitas masyarakat saat ini hampir sama dengan situasi menjelang Idul Fitri yang lalu. Saat itu terjadi mobilitas tertinggi selama pandemi Covid-19.

" Peningkatan mobilitas saat ini hampir sama dengan yang terjadi pada periode libur Idul Fitri 2021 lalu yang merupakan mobilitas tertinggi sepanjang pandemi," ujar dia.

1 dari 1 halaman

Mobilitas Tertinggi Selama Pandemi

Ilustrasi© YouTube/BNPB Indonesia

Menurut Wiku, kondisi tersebut perlu diwaspadai karena periode libur Idul Fitri 2021 dengan mobilitas tinggi menyebabkan lonjakan kasus gelombang ke dua yang begitu signifikan.

Dia menambahkan keadaan ini perlu dikendalikan agar tidak memicu kenaikan kasus penularan Covid-19. Masyarakat diimbau terus berhati-hati dalam melakukan kegiatan.

" Mobilitas yang tinggi perlu dibarengi dengan peningkatan skrining Covid-19 dengan memasifkan testing dan juga tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik," tutur Wiku.

Menurut dia, ada empat indikator yang bisa memengaruhi apakah periode libur panjang berpotensi meningkatkan kasus Covid-19 atau tidak. Pertama, mobilitas penduduk, kemudian cakupan vaksinasi, lalu kepatuhan protokol kesehatan, dan RT tingkat penularan atau efektivitas virus.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar