Ini 5 Wakil Menteri yang Dilantik Jokowi Pagi Ini

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 23 Desember 2020 09:05
Ini 5 Wakil Menteri yang Dilantik Jokowi Pagi Ini
Ke-13 pejabat itu terdiri enam menteri dan lima orang wakil menteri serta dua kepala badan.

Dream - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 13 pejabat di Istana Negara, Jakarta. Ke-13 pejabat itu terdiri enam menteri, lima wakil menteri, serta dua kepala badan.

”Semua Wamen dilantik juga bersama para menteri," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Rabu 23 Desember 2020.

Enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju sudah diperkenalkan kemarin. Mereka yakni Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, dan Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sementara itu, ada lima Wakil Menteri baru, mereka yakni:

1. Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Muhammad Herindra
2. Edward Komar Syarif Hiariez
3. Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti
4. Spesialis Endokrinologi, Dante Saksono Harbuwo
5. Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Harvick Hasnul Qolby
6. Pahala Nugraha Mansyuri, Direktur Utama BTN

Herindra didaulat menempati pos Wakil Menteri Pertahanan sedangkan Pahala Nugara Mansyuri ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN. Belum diketahui pos wakil menteri untuk tiga nama lain.

1 dari 3 halaman

Selain 11 nama itu, di tempat yang sama Presiden Jokowi juga akan melantik mantan Kapolda Bali, Irjen Petrus Reinhard Golose menjadi kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Petrus menggantikan Komjen Heru Winarko yang sudah purna tugas per 1 Desember 2020.

Satu pejabat lain yang dilantik Jokowi hari ini adalah Hartono Prawiraatmadja sebagai kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

2 dari 3 halaman

Rombak Kabinet, Jokowi Angkat 6 Menteri Baru

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak jajaran kabinetnya. Dia mengangkat enam menteri baru untuk membantunya di Kabinet Indonesia Maju.

Rencananya, pelantikan keenam menteri ini akan dilakukan pada besok, Rabu 23 Desember 2020.

“ Pelantikannya akan dilaksanakan besok pagi,” kata Jokowi dalam live streaming Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 22 Desember 2020.

Pertama, Tri Rismaharini diangkat sebagai Menteri Sosial untuk menggantikan Juliari Batubara. Sebelumnya, Risma adalah Wali Kota Surabaya.

“ Saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial,” kata Jokowi.

Kedua, Sandiaga S. Uno diangkat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia diangkat untuk menggantikan Wishnutama sebagai pimpinan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“ Beliau (sebelumnya) adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan mantan ketua BPP HIPMI,” kata eks wali kota Solo itu.

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin yang menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Budi Gunadi ini merupakan mantan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium dan PT Bank Mandiri Tbk. Dia juga merupakan Wakil Menteri BUMN saat ini.

3 dari 3 halaman

Sosok Ini Kembali Jadi Menteri

Keempat, Yaqut Cholil Kaumas diangkat sebagai Menteri Agama. Ketua GP Anshor ini akan menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

“ Kelima, Sakti Wahyu Trenggono. Beliau ini memegang wakil menteri pertahanan. (Beliau) akan kami berikan tanggung jawab menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata dia.

Yang keenam, Muhammad Luthfi. Dia kembali lagi menjadi pemimpin di Kementerian Perdagangan. Sekadar informasi, dia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada era pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“ Beliau pernah jadi Kepala BPKM, Menteri Perdagangan, Dubes Indonesia untuk Jepang, dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat. Sekarang kami akan berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” kata dia.

Beri Komentar