Viral Serial TV Korea Sudah Prediksi Pandemi Covid-19, Begini Faktanya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 4 September 2020 09:00
Viral Serial TV Korea Sudah Prediksi Pandemi Covid-19, Begini Faktanya
Klaim film “My Secret Terrius” prediksi COVID-19 adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan/misleading content.

Dream - Salah satu serial televisi produksi Netflix disebut sudah memprediksi akan terjadinya pandemi virus Corona atau Covid-19 sejak 2018. Tayangan 10 episode My Secret Terrius asal Korea Selatan itu dianggap seperti gambaran distopia tentang keadaan pandemi saat ini.

" Virus Corona menyerang sistem pernapasan. Yang lebih serius, virus Corona memiliki masa inkubasi 2-14 hari," ungkap seorang dokter dalam serial My Secret Terrius, dilasir dari The Independent.

Dalam serial itu, ungkap sang dokter, virus Corona memanipulasi untuk menyerang langsung paru-paru dalam jangka waktu lima menit setelah terpapar. Disebut pula, tak ada vaksin bisa menyembuhkan para pasien yang telah terpapar.

Serial TV My Secret Terrius© Instagram @unexplnd

1 dari 4 halaman

Berbekal informasi itu, para pahlawan dalam drama serial Netflix tersebut, kemudian mulai berusaha menggagalkan serangan biologis yang mereka khawatirkan akan menyerang gym sekolah.

Di sasana olahraga, seorang menteri kesehatan yang sedang berkunjung menunjukkan kepada anak-anak cara mencuci tangan untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Dokter di acara Netflix tersebut juga memperingatkan bahwa tidak ada obat atau vaksin saat ini, sebuah tantangan yang saat ini dihadapi oleh para ahli ilmiah di dunia.

Dalam dunia nyata, virus Corona dikaitkan dengan SARS. Corona lebih cepat menular dan menyerang paru-paru langsung dalam lima menit. Persis seperti yang terjadi sekarang, serial itu juga menampakkan instruksi kepada anak-anak segera mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran virus.

 

2 dari 4 halaman

Cek Fakta

Kabar itu pertama kali diunggah akun Instagram @unexplnd berisi cuplikan video, sebuah klaim salah satu serial TV asal Korea Selatan telah memprediksi pandemi Covid-19.

Video tersebut telah ditonton sebanyak 307 ribu kali.

Berdasarkan dari artikel periksa fakta snopes.com, postingan tentang film ini sudah beredar di beberapa negara melalui beragam media sosial.

Cuplikan series “ My Secret Terrius” yang dirilis pada tahun 2018 lalu, diposting pada media sosial yang menunjukan pembicaraan karakter pada film tersebut tentang virus corona.

Selama pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang baru pertama kali mendengar kata “ coronavirus” dan langsung merujuk ke Covid-19. Sedangkan virus corona sendiri ada banyak jenisnya dan ditemukan pertama kali di dalam tubuh manusia pada tahun 1960.

Penelitian tentang virus corona ini ternyata pernah menjadi wabah sebelumnya seperti SARS (severe acute respiratory syndrome) pada tahun 2002 dan MERS (Middle East respiratory syndrome) pada tahun 2012. Sedangkan virus corona yang menyebabkan Covid-19 adalah virus korona dengan strain baru yaitu SARS-CoV-2.

3 dari 4 halaman

Virus Corona pada film tersebut berbeda dengan virus penyebab Covid-19, film tersebut menceritakan seseorang memodifikasi virus corona menjadi mematikan sedangkan Covid-19 bukanlah senjata biologi yang dibuat oleh manusia.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim film “ My Secret Terrius” prediksi COVID-19 adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan/misleading content.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian, Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia mengatakan, film tersebut memang membicarakan tentang virus corona tetapi pada film tersebut tidak ada hubungannya dengan Covid-19.

Covid-19 disebabkan oleh virus corona baru yaitu SARS-CoV-2 sedangkan kata “ virus corona” ada beragam jenisnya yang menyebabkan penyakit yang berbeda seperti SARS dan MERS.

      View this post on Instagram    

Serial televisi dari Netflix tampak sudah memprediksi terjadinya pandemi virus Corona atau COVID-19 sejak 2018. Tayangan 10 episode My Secret Terrius dari Korea Selatan seperti memberi gambaran distopia tentang yang kini terjadi. ? " Virus Corona menyerang sistem pernapasan. Yang lebih serius, virus Corona memiliki masa inkubasi 2-14 hari," ungkap seorang dokter dalam serial My Secret Terrius, dilansir dari The Independent. Dokter itu melanjutkan, virus Corona memanipulasi untuk menyerang langsung paru-paru dalam waktu lima menit setelah terpapar. Dalam serial itu tak ada vaksin yang ditemukan untuk menyembuhkan pasien. Berbekal informasi itu, para pahlawan drama Netflix kemudian mulai berusaha menggagalkan serangan biologis yang mereka khawatirkan akan menyerang gym sekolah. Di gym, seorang menteri kesehatan yang sedang berkunjung menunjukkan kepada anak-anak cara mencuci tangan untuk menghentikan penyebaran penyakit. Paralel dengan peringatan kesehatan masyarakat saat ini. Dokter di acara Netflix memperingatkan bahwa tidak ada obat atau vaksin saat ini, sebuah tantangan yang saat ini dihadapi oleh para ahli ilmiah dunia sekarang. Dalam dunia nyata, virus Corona dikaitkan dengan SARS. Corona lebih cepat menular dan menyerang paru-paru langsung dalam lima menit. Persis seperti yang terjadi sekarang, serial itu juga menampakkan instruksi kepada anak-anak segera mencuci tangan untuk mengurangi penyebaran virus. ? Follow @conspiraciestheory for more! ? ????? Medcom.id/Cecylia Rura/Rakyatku News/Abu Asyraf

A post shared by UNEXPLND (@unexplnd) on

(Sah, Sumber: Cekfakta.com)

Beri Komentar