Setelah Kabur 1 Bulan, Terpidana Mati Cai Changpan Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Reporter : Sugiono
Sabtu, 17 Oktober 2020 18:54
Setelah Kabur 1 Bulan, Terpidana Mati Cai Changpan Ditemukan Tewas Bunuh Diri
Cai Changpan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang melalui gorong-gorong pada September lalu.

Dream - Pelarian narapidana narkoba Warga Negara (WN) China, Cai Changpan, berakhir dengan sangat mengenaskan. Dia ditemukan polisi dalam kondisi sudah meninggal dunia karena bunuh diri.

Seperti diketahui, Cai Changpan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang melalui gorong-gorong. Ia diketahui kabur pada 14 September 2020 sekitar pukul 21.00 WIB.

Penemuan Cai Changpan yang ditemukan sudah dalam kondisi tewas gantung diri dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

" Betul, kita temukan dalam keadaan gantung diri," kata Kombes Yusri, Sabtu 17 Oktober 2020.

1 dari 6 halaman

Ditemukan di Tempat Pembakaran Ban

Kombes Yusri menambahkan, Cai Changpan ditemukan di sebuah tempat pembakaran ban pada Sabtu pagi.

" Tim bergerak ke hutan Jasinga ke tempat pembakaran ban dan memerintahkan tim mencari. Pagi tadi dilakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia," jelasnya.

2 dari 6 halaman

Sementara Dilakukan Otopsi

Jenazah Cai Changpan sudah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk dilakukan otopsi.

Tindakan otopsi dilakukan untuk mengetahui alat apa saja yang digunakan oleh Cai Changpan untuk melakukan bunuh diri.

" Nanti kita masih dalami (pakai apa alatnya). Baru kita otopsi, kita masih memeriksa saksi pada saat penggerebekan dan kita temukan yang bersangkutan dalam keadaan bunuh diri," ujarnya.

3 dari 6 halaman

Sambil menunggu hasil otopsi, polisi masih terus melakukan pengumpulan barang bukti terkait hal itu.

" Mudah-mudahaan secepatnya (kita rilis). Kita masih kumpulkan alat bukti dan saksi," tutup Kombes Yusri.

Sumber: Merdeka.com

4 dari 6 halaman

Anjing Pelacak Buru Buronan Cai Changpan yang Kabur dari Lapas

Dream - Polda Metro Jaya menurunkan unit anjing pelacak atau K9 guna memburu terpidana mati kasus narkoba berkewarganegaraan China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan, yang diduga melarikan diri ke Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

" Tim masih bergerak dari Krimum, Narkoba, Brimob dan Polres dan juga sudah kita turunkan K9," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Selasa 5 Oktober 2020.

Penurunan K-9 untuk mencari Cai Changpan di hutan Tenjo itu, karena banyaknya desa dan kelurahan yang berada di kawasan tersebut. Polisi juga telah menyebar selebaran atau gambar Cai Changpan yang bertulis sebagai DPO.

" Kita ketahui kan bahwa hutan Tenjo ini cukup luas itu sekitar 7 kelurahan dengan 34 desa di sana. Makanya kemarin saya sudah menyebarkan gambar DPO daripada yang bersangkutan untuk minta bantuan masyarakat, diharapkan dalam masyarakat bisa membantu apabila melihat mengetahui untuk segera melaporkan petugas masih di lapangan semuanya," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Polisi Temukan Barang Petunjuk

Yusri mengungkapkan, pihaknya menemukan sejumlah barang yang diduga milik Cai Changpan yang tertinggal di salah satu desa.

" Banyak pondok-pondok di sana, karena memang ada satu pondokan tempat dia salat pun ada dan dari hasil kita temukan beberapa barang dan masayrakat yang di sana sempat mengobrol dengan tersangka pada saat itu di daerah desa babakan," ungkapnya.

6 dari 6 halaman

Keluar Hutan Membeli Makan

Berdasarkan informasi yang diperoleh polisi dari masyarakat sekitar, Cai Changpan ternyata pernah keluar hutan untuk membeli makan.

" Sempat informasi dari masyarakat melihat tersangka, tapi masyarakat tidak tahu kalau yang bersangkutan memang DPO tahanan napi yang lari pada saat dia membeli makanan keluar, ke desa di pinggiran hutan ya," jelasnya.

" Makanya sekarang kita coba menyusuri pelan-pelan semuanya langsung dari Brimob membackup, melakukan pengejaran," tutupnya.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar