Jari Terkena Lem Super? Ini Cara Melepaskannya...

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 16 September 2019 19:02
Jari Terkena Lem Super? Ini Cara Melepaskannya...
Mulai sekarang enggak perlu khawatir lagi kulit terkelupas....

Dream - Lem merupakan salah satu barang penting yang wajib ada di kotak peralatan di rumah.

Dari beberapa jenis lem, seperti lem kertas, lem kayu, hingga lem besi, ada satu yang punya kegunaan dalam banyak bidang.

Apalagi kalau bukan lem super atau juga dikenal dengan sebutan super glue atau power glue.

Lem super ini bisa digunakan dalam berbagai media. Mulai dari keperluan elektronik, akuarium, feorensik, kayu, medis, hingga kosmetik.

Hal itu dikarenakan lem super memiliki daya rekat yang sangat kuat dan bisa cepat mengering.

1 dari 4 halaman

Terkena Tubuh

Namun dalam penggunaannya, tak jarang lem super tumpah mengenai bagian tubuh kita. Paling sering adalah melekat di jari.

Alhasil jari jadi kaku, menempel satu sama lain, dan sulit dipisahkan. Menyebalkan bukan.

Nah buat kamu yang pernah berada di dalam situasi itu, biasanya apa yang kamu lakukan?

Melansir World OF Buzz, ada satu cara mudah untuk melepaskan lem yang menempel di tubuh.

Dengan cara ini kamu enggak perlu menunggu lama lagi hingga lem terkelupas sendiri.

Hanya dengan air dan garam. Kedua hal ini dapat menyelesaikan masalah tersebut dalam beberapa menit saja.

Enggak percaya? coba deh intip videonya di bawah ini:

2 dari 4 halaman

Kenapa Menggunakan Garam?

Lem super dibuat menggunakan bahan kimia cyanoacrylate yang merekat pada sesuatu yang lembab. Garam terbukti bisa menyerap kelembapan yang disebabkan oleh senyawa itu.

3 dari 4 halaman

Lem Super Dikira Obat Tetes, Mata Wanita Ini Tertutup Rapat

Dream - Perhatikan apapun sebelum menggunakan. Ingatlah kalimat itu. Termasuk saat akan menggunakan obat tetes mata. Jika tidak, bisa-bisa nasib nahas seperti yang dialami oleh Katherine Gaydos, bisa menimpa Anda.

Ya, wanita asal Lantana, Florida, Amerika Serikat, nyaris saja kehilangan penglihatan setelah meneteskan lem yang dia kira sebagai obat tetes mata. Akibatnya, kelopak matanya menutup rapat, tak bisa dibuka. Dia terpaksa minta bantuan tim medis untuk membuka mata kembali.

Sebagaimana dikutip Dream dari Huffington Postkisah apes itu bermula saat mata Katherine kemasukan benda asing pada pekan lalu. Mata pun menjadi perih.

4 dari 4 halaman

Lem Ada di Korne Mata

Dengan mata tertutup, Katherine minta teman mengambilkan obat tetes mata dari dalam tasnya. Namun, bukannya obat tetes mata yang diambil, teman Katherine malah menyodorkan lem super. Tanpa curiga, Katherine langsung meneteskan lem itu sambil membuka matanya.

“ Begitu tetesan itu mengenai mata, rasanya seperti terbakar. Saya langsung menutup mata kembali dan berteriak 'Panggil 911',” kata Katherine.

Beruntung, dokter mampu membuka kelopak mata Katherine usai melakukan anestesi. Katherine juga tak perlu melakukan operasi untuk mengikis lem di kornea matanya. Dokter mengatakan lem ini tidak memengaruhi penglihatan Katherine secara permanen.

Asisten profesor oftalmologi, Case Western Reserve University, di Cleveland, Ohio, Pankaj Gupta, mengatakan, ada banyak kasus mata melekat karena lem. Menurut di, orang yang mengalami kasus seperti ini tak perlu panik.

“ Orang-orang dalam situasi ini harus segera pergi ke dokter mata. Penderita juga tidak perlu terlalu khawatir akan kehilangan penglihatan secara permanen.”

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal